Tribun

Banjir di Jakarta

Update Banjir di DKI Jakarta, BNPB Sebut Sejumlah Kawasan di Ibukota Mulai Surut

Setelah banjir hari ini akibat curah hujan yang tinggi, kondisi saat ini, terpantau berangsur surut di beberapa wilayah

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Update Banjir di DKI Jakarta, BNPB Sebut Sejumlah Kawasan di Ibukota Mulai Surut
Istimewa via Tribun Jakarta
Banjir terjadi di sejumlah wilayah di DKI Jakarta pada Jumat (15/7/2022) hingga Sabtu (16/7/2022). Akibatnya, 83 RT yang tersebar di sejumlah wilayah terendam air. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Curah hujan yang cukup tinggi mengguyur wilayah Jawa Barat, Banten dan DKI Jakarta pada Jumat (15/7/2022) pukul 18.00 WIB semalam.

Hal tersebut membuat debit air Kali Ciliwung meluap dan memicu banjir di sejumlah wilayah.

Berdasarkan laporan yang diterima oleh Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Sabtu (16/7/2022), terdapat 14 kecamatan di DKI Jakarta yang terdampak banjir.

Baca juga: Perumahan Cirendeu Permai Cilandak Banjir hingga 1 Meter, Warga Sebut Sebelumnya Hanya Sampai Got

Genangan yang merendam pemukiman warga terpantau di kawasan Kota Jakarta Selatan: Kecamatan Cilandak (Kelurahan Lebak Bulus dan Pondok Labu), Kecamatan Kebayoran Lama (Kelurahan Cipulir dan Pondok Pinang), Kecamatan Kebayoran Baru (Kelurahan Petogogan), dan Kecamatan Jagakarsa (Kelurahan Ciganjur, Srengseng Sawah, Cipedak, dan Tanjung Barat).

Kemudian Kecamatan Mampang Prapatan (Kelurahan Bangka), Kecamatan Pesanggarahan (Kelurahan Ulujami), Kecamatan Pasar Minggu (Kelurahan Cilandak Timur dan Pejatem Timur), serta Kecamatan Pancoran (Kelurahan Rajawati).

Selanjutnya, pada wilayah Kota Jakarta Barat, banjir merendam pemukiman warga di Kecamatan Kebon Jeruk (Kelurahan Kedoya Utara), Kecamatan Cengkareng (Kelurahan Rawa Buaya), Kecamatan Kembangan (Kelurahan Joglo dan Kembangan Utara), serta Kecamatan Kalideres (Kelurahan Tegal Alur dan Kamal).

Baca juga: Banjir Terjang Garut, Ribuan Rumah Terendam, 1 Orang Meninggal karena Tertimpa Longsoran Tebing

Sedangkan pada lokasi Kota Jakarta Timur, banjir merendam pemukiman warga di Kecamatan Kramat Jati (Kelurahan Cililitan, Cawang dan Balekambang) dan Kecamatan Jatinegara (Kelurahan Bidara Cina dan Kampung Melayu).

Berdasarkan keterangan pers, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 111 rumah terendam banjir dengan tinggi muka air 30 hingga 50 sentimenter.

"Lalu, terdapat sembilan jiwa atau 2 kartu keluarga yang mengungsi ke rumah kerabat dekat," ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangannya.

Abdul mengaku, untuk kondisi mutakhir saat ini, terpantau banjir di beberapa wilayah berangsur surut.

Pihaknya melakukan peninjauan langsung ke lokasi dan memberikan bantuan logistik kepada warga terdampak banjir.

Hingga informasi ini diberikan, BNPB dan BPBD DKI Jakarta terus berkoodinasi serta melakukan pendataan bersama instansi terkait dalam mendukung upaya penanganan banjir serta evakuasi kepada warga terdampak banjir.

Diketahui, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang hingga sore hari untuk tanggal 16 dan 17 Juli 2022.

BANJIR CILEDUG - Beginilah penampakan suasana di Perumahan Puri Kartika Baru, Ciledug, Kota Tangerang, yang terendam banjir hingga ketinggian 1.5 meter, Sabtu (16/7/2022). Banjir karena intensitas hujan yang tinggi yang diperparah dengan jebolnya tanggul darurat yang dibuat warga dari tumpukan karung pasir, warga meminta pemda setempat untuk membangun turap tanggul darurat tersebut menjadi permanen agar tidak jebol lagi. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
BANJIR CILEDUG - Beginilah penampakan suasana di Perumahan Puri Kartika Baru, Ciledug, Kota Tangerang, yang terendam banjir hingga ketinggian 1.5 meter, Sabtu (16/7/2022). Banjir karena intensitas hujan yang tinggi yang diperparah dengan jebolnya tanggul darurat yang dibuat warga dari tumpukan karung pasir, warga meminta pemda setempat untuk membangun turap tanggul darurat tersebut menjadi permanen agar tidak jebol lagi. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

Selain itu, potensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hingga malam hari untuk tanggal 18 Juli 2022 harus diwaspadai juga.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas