Tribun

PA 212 Gelar Aksi 411 di Sekitar Istana Negara, Simak Pengalihan Arus Lalu Lintasnya

Polisi siapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat terkait aksi Bela Rakyat (Akbar) 411 pada Jumat (4/11/2022)

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in PA 212 Gelar Aksi 411 di Sekitar Istana Negara, Simak Pengalihan Arus Lalu Lintasnya
Fahdi Fahlevi
ilustrasi pengalihan arus lalu lintas. Direktorat Lalu Polda Metro Jaya menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat terkait aksi Bela Rakyat (Akbar) 411 pada Jumat (4/11/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyiapkan pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat terkait aksi Bela Rakyat (Akbar) 411 pada Jumat (4/11/2022).

Diketahui aksi 411 tersebut akan digelar oleh sejumlah organisasi masyarakat termasuk Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang tergabung dalam Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR).

"Rencana Pengalihan Arus Lalu lintas sekitar Istana/Monas Jakpus, Jumat 04 Nov 2022 pukul 10.00 wib s/d selesai," tulis akun @tmcpoldametro seperti dilihat, Jumat (4/11/2022).

Masih dalam unggahan tersebut, pihak kepolisian mengimbau kepada masyarakat yang akan menuju ke kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat untuk mencari jalan alternatif.

Rekayasa arus lalu lintas untuk dalam rangka pengamanan Aksi Bela Rakyat 411 di Istana Negara, Jumat (4/11/2022).
Rekayasa arus lalu lintas untuk dalam rangka pengamanan Aksi Bela Rakyat 411 di Istana Negara, Jumat (4/11/2022). (Instagram @tmcpoldametro)

Berikut pengalihan arus lalu lintas di sekitar Istana Negara:

1. Arus lalu lintas dari arah HI menuju Jalan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Kebon Sirih

2. Arus lalu lintas dari arah Kebon Sirih menuju Patung Kuda diluruskan ke arah Tugu Tani

3. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur

4. Arus lalin dari arah Jalan Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit/Jalan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto

5. Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu

6. Jalan Veteran I, II, III ditutup

7. Jalan Medan Merdeka Timur menuju Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira.

Untuk informasi, Sejumlah Organisasi Massa (Ormas) termasuk Persaudaraan Alumni (PA) 212 bakal menggelar demonstrasi bertajuk Aksi Bela Rakyat (AKBAR) 411 di kawasan Istana Presiden, Gambir, Jakarta Pusat, Jum'at (4/11/2022).

Satu di antara tokoh massa aksi, Habib Muhammad Bin Hussein Al Attas mengatakan, aksi demonstrasi besok dilakukan karena pihaknya menganggap Presiden Joko Widodo telah gagal menjalankan pemerintahan.

"Bahwa oleh karena itu kami menuntut yang terhormat Presiden Joko Widodo dengan legowo untuk mundur sesuai TAP MPR Nomor VI/MPR/2001 tentang Etika Politik dan Pemerintahan," ucap Hussein dalam keterangan persnya, Kamis (3/11/2022).

Baca juga: Ribuan Personel Disiagakan Amankan Aksi 411 dan Demo Buruh Hari Ini

Terkait aksi yang akan digelar besok, Muhammad pun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut mengikuti agenda itu dengan ikut turun kejalan.

Selain itu alasan pihaknya melakukan aksi turun ke jalan lantaran ingin menyampaikan aspirasi perihal perbaikan berbagai keadaan di tanah air yang seharusnya bisa diselesaikan oleh pemerintah.

"Oleh karena itu sekali lagi kami mengajak segenap elemen bangsa yang cinta tanah air dan bangsa untuk turun ke jalan pada hari Jum'at esok untuk menyampaikan aspirasi mulia ini," pungkasnya. 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas