Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dirlantas Polda Metro Jaya Minta Masyarakat Awasi Anggotanya saat Lakukan Tilang Manual

Kombes Latif pun mempersilakan masyarakat untuk turut mengawasi tindakan anggotanya pada saat melakukan tilang manual kepada masyarakat di jalan raya.

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Dirlantas Polda Metro Jaya Minta Masyarakat Awasi Anggotanya saat Lakukan Tilang Manual
WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Polisi lalulintas melaksanakan kembali tilang manual bagi kendaraan yang melanggar lalulintas yang melintas di Kawasan HI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/5/2023). Jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya kembali memberlakukan tilang manual. Salah satu alasannya karena banyaknya pelanggaran yang tidak ter-cover oleh E-TLE (electronic-traffic law enforcement). Warta Kota/Henry Lopulalan 

Laporan wartawan Tribunews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman tak menutup diri bahwa pihaknya merasa khawatir dengan tingkah laku anggotanya di lapangan menyusul pemberlakukan kembali tilang manual.

Mengenai hal tersebut, Latif pun mempersilakan masyarakat untuk turut mengawasi tindakan anggotanya pada saat melakukan tilang manual kepada masyarakat di jalan raya.

Baca juga: Pelanggar Lalu Lintas Bisa Terkena Tilang ETLE dan Manual Dalam Sehari Jika Kedapatan Melanggar




"Karena kalau manual terjadi kontak, terjadi komunikasi ini yang mungkin menjadi kekhawatiran pimpinan sebetulnya, perilaku anggota," ujar Latif di Polda Metro Jaya, Selasa (16/5/2023).

"Sehingga dalam artian boleh masyarakat silahkan megawasi anggota saya, anggota kami di lapangan dalam melakukan penindakan pelanggaran ini," sambungnya.

Karena menurut Latif, dirinya tak ingin dengan diberlakukannya kembali tilang manual justru menimbulkan kontra produktif yang dilakukan anggotanya pada saat melakukan penindakan.

Baca juga: Tilang Manual Kembali Berlaku, Kapolri Tegaskan Akan Tindak Polantas yang Terima Suap dan Pungli

Oleh sebabnya polisi disebutkan Latif membutuhkan bantuan pengawasan terhadap anggotanya sehingga tidak ada hal-hal yang diluar kewenangan.

BERITA TERKAIT

"Melanggar aturan prosedur dalam penilangan," sebutnya.

Meski begitu di lain sisi, ia pun mengakui bahwa selama sebulan diterapkannya tilang manual, tingkat pelanggaran lalu lintas mengalami peningkatan.

"Setelah kita evaluasi memang banyak pelanggaran," pungkasnya.

Mabes Polri Minta Masyarakat Tegur Polantas Jika Lakukan Pungli

Mengenai hal ini, sebelumnya diberitakan, Mabes Polri meminta masyarakat turut mengawasi dan menegur secara langsung apabila menemukan oknum polisi lalu lintas yang melakukan tindakan pungutan liar pada saat penerapan tilang manual di jalan raya.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Shandy Nugroho mengatakan bahwa pihaknya secara terbuka meminta kepada masyarakat untuk melakukan hal tersebut apabila menemukan oknum polisi yang menyalahgunakan wewenang.

"Apabila ada kemungkinan kemungkinan pelanggaran lalu lintas ataupun petugas yang melanggar kami mohon bantuan masyarakat semua, tegur kami, awasi kami, koreksi kami," kata Shandy di kawasan Menteng, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (16/5/2023).

Baca juga: Tilang Manual Kembali Berlaku, Polri Perketat Pengawasan ke Polantas Nakal

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas