Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soroti Polusi Udara, GPII Jakarta Raya bersama Gerus Serukan Hijaukan dan Sehatkan Paru-paru Jakarta

Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII Jakarta Raya) bersama Gerakan Udara Sehat (Gerus) menyelenggarakan kampanye lingkungan hidup.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Soroti Polusi Udara, GPII Jakarta Raya bersama Gerus Serukan Hijaukan dan Sehatkan Paru-paru Jakarta
Istimewa
Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII Jakarta Raya) bersama Gerakan Udara Sehat (Gerus) menyelenggarakan kampanye lingkungan hidup pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), pada Minggu (17/9/2023). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Islam Indonesia (GPII Jakarta Raya) bersama Gerakan Udara Sehat (Gerus) menyelenggarakan kampanye lingkungan hidup pada Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), pada Minggu (17/9/2023).

Dengan mengusung tema 'Hijaukan Jakarta, Sehatkan Paru - Paru Ibu Kota' dan tagline #JagaLingkungan #JagaMasaDepan, kegiatan ini berlangsung di area gerbang luar silang barat daya kawasan Monumen Nasional.

Puluhan peserta acara juga berjalan-jalan di sekitar bundaran air mancur patung kuda, yang di pimpin oleh Budiman selaku Penanggungjawab kegiatan tersebut.

Dengan penuh antusias, mereka membagikan masker dan bibit pohon kepada pengunjung dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas udara dan mengajak masyarakat untuk menanam pohon di mulai Dari perkarangan rumah. 

“Acara ini kita gagas bersama komunitas Gerus dengan melihat saran ketua umum PW GPII untuk bersama-sama mengedukasi masyarakat tentang pencemaran udara, mengajak beralih pada transportasi umum dan menanam pohon pada perkarangan rumah," kata Budiman, Minggu.

Para peserta acara kemudian kembali ke booth acara untuk memaparkan berbagai informasi edukasi mengenai dampak pencemaran udara dan upaya yang dapat dilakukan masyarakat untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Selain itu, mereka juga memperoleh bibit pohon untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing, yang merupakan langkah awal dalam meningkatkan kualitas udara di DKI Jakarta.

BERITA REKOMENDASI

Ketua Umum PW GPII Jakarta Raya, Eka Joko Fajarianto mengatakan bahwa acara ini merupakan wujud nyata kerja sama dan aksi untuk mengatasi kekhawatiran terhadap pencemaran udara di DKI Jakarta. 

Selain itu, dengan memulai dari hal kecil seperti menanam pohon di pekarangan rumah, kita dapat membantu mengurangi polusi udara

"Kami berharap gerakan semacam ini dapat mengembangkan kesadaran kolektif untuk menjaga lingkungan dan melindungi masa depan generasi berikutnya," ucap Eka Joko Fajarianto.

Di saat perubahan iklim menjadi isu global yang mendesak, kolaborasi  organisasi masyarakat seperti GPII Jakarta Raya dan GERUS (Gerakan Udara Sehat) menunjukkan komitmen mereka dalam menjaga lingkungan dan meningkatkan kualitas udara yang kita hirup di ibu kota.

Baca juga: Buka Festival LIKE Kementerian LHK, Pratikno Cerita Fenomena Polusi Udara hingga Krisis Pangan

Ketua Pelaksana kegitan M. Filki juga mengatakan langkah kecil ini dapat menyadarkan masyarakat Indonesia untuk lebih masif lagi agar dapat mewujudkan lingkungan yang lebih bersih dan sehat bagi generasi mendatang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas