Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Irjen Karyoto Titip Pesan saat Rakor Antisipasi Gangguan Pemilu di Jakarta dan Sekitarnya

Karyoto kembali mengingatkan, dalam Operasi Mantap Brata, nantinya ada 162.313 personel gabungan yang akan disiagakan di seluruh Indonesia.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Irjen Karyoto Titip Pesan saat Rakor Antisipasi Gangguan Pemilu di Jakarta dan Sekitarnya
Dok. Polda Metro Jaya
Kepala Kepolisidan Daerah (Kapolda) Metro Jaya Irjen Karyoto memberikan pesan dalam rapat koordinasi (rakor) kesiapan pengamanan proses pemungutan hingga penghitungan suara di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Senin (29/1/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polda Metro Jaya bersama Provinsi DKI Jakarta serta penyelenggara Pemilu menggelar rapat koordinasi (rakor) Operasi Mantap Brata di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Senin (29/1/2024)

Rakor ini membahas terkait persiapan proses pengamanan pemungutan dan perhitungan suara di TPS wilayah Jakarta dan sekitarnya pada 14 Februari 2024 nanti.

“Bersama-sama kita mempersiapkan hal ini dengan baik guna mencegah terjadinya potensi gangguan keamanan. Pelaksanaan Pemilu 2024 yang dilaksanakan di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto dalam keterangan pers, Senin (29/1/2024).

Karyoto kembali mengingatkan, dalam Operasi Mantap Brata, nantinya ada 162.313 personel gabungan yang akan disiagakan di seluruh Indonesia.

Mereka akan ditugaskan mengawal proses pelaksanaan pemungutan sampai perhitungan suara di 30.766 TPS wilayah Jakarta.

“Terdiri dari personel Polri 20.291, personel TNI 10.890 serta 131.132 personel Linmas. Diharapkan dengan kekuatan yang ada saat ini dapat mengcover seluruh TPS di Wilayah Hukum Polda Metro Jaya” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI

Karyoto juga meminta kepada semua pihak untuk membantu proses pengamanan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama proses pemungutan dan perhitungan suara. 

Baca juga: Polri Ajak Satpam Kolaborasi Dalam Pengamanan Pemilu

“Seluruh Jajaran serta stakeholder terkait untuk bersama-sama merumuskan serta menentukan langkah-langkah pengamanan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, jangan sampai kita underestimate dengan situasi saat ini” ujarnya.

Selain itu, Karyoto juga mengingatkan terkait potensi kerawanan serta gangguan yang mungkin terjadi di TPS. 

“Maka dari itu diperlukan persiapan pengamanan yang matang dengan melibatkan seluruh stakeholder terkait dalam proses pemungutan dan perhitungan suara secara tepat dan sesuai sasaran yang memegang teguh Asas Pemilu Luber Jurdil agar terhindarnya dari gangguan menjelang hari pencoblosan” jelasnya.

Dalam akhir sambutannya Jenderal Polisi Bintang Dua tersebut juga berpesan agar semua pihak bersinergi untuk menciptakan stabilitas politik untuk menciptakan dukungan pemilu sesuai ketentuan yang berlaku.

Adapun dalam acara ini, turut hadir dalam kegiatan PJ Gubernur DKI Jakarta, Pangdam Jaya, Kabinda DKI, Ketua KPU RI/mewakili, Ketua Bawaslu RI, Pejabat Utama Polda Metro Jaya serta Kapolres Jajaran. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas