Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemenhub Buka Suara Soal Nasib 12 Taruna STIP Jakarta yang Dibawa Polisi Buntut Tewasnya Putu Satria

12 taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta masih tetap bisa mengikuti proses belajar mengajar meski status mereka kini sebagai saksi.

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Kemenhub Buka Suara Soal Nasib 12 Taruna STIP Jakarta yang Dibawa Polisi Buntut Tewasnya Putu Satria
Tribunnews.com
Jenazah Putu Satria Ananta Rustika, Taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Cilincing, Jakarta Utara, korban dugaan penganiayaan seniornya, tiba di Bali. 12 taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta masih tetap bisa mengikuti proses belajar mengajar meski status mereka kini sebagai saksi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan bahwa 12 taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta masih tetap bisa mengikuti proses belajar mengajar meski status mereka kini sebagai saksi.

Adapun hal itu diungkapkan Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati usai belasan taruna itu sempat diperiksa polisi buntut tewasnya Putu Satria Ananta Rustika (19) akibat dianiaya oleh seniornya, Tegar Rafi Sanjaya (21).

"(Belasan taruna yang jadi saksi) Tetap mengikuti belajar mengajar," kata Adita saat dihubungi, Rabu (8/5/2024).




Akan tetapi pihak sekolah lanjut Adita, akan membebaskan para taruna itu dari kegitan belajar jika sewaktu-waktu kembali menjalani proses pemeriksaan polisi.

"Kecuali saat diminta keterangan sebagai saksi, mereka dibebaskan dari jam belajar," jelasnya.

Sementara itu masih terkait kasus tersebut, Adita menjelaskan bahwa proses investigasi yang saat ini tengah dilakukan Kemenhub masih terus berjalan.

Hanya saja ia tak menjelaskan lebih jauh seperti apa proses investigasi yang saat ini tengah pihaknya lakukan.

BERITA TERKAIT

Adita hanya menerangkan, bahwa atas kejadian itu, kini status taruna tersangka Tegar Rafi telah resmi dicabut.

"Investigasi masih terus berjalan. Yang sudah dipastikan adalah status taruna pelaku sudah dicabut, untuk yang lain-lain masih berjalan," pungkasnya.

Dalami Peran Belasan Taruna

Sebelumnya, polisi mengungkap alasan pihaknya melibatkan belasan taruna Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta pada saat menggelar pra rekonstruksi kasus kematian Putu Satria Ananta Rustika (19), Senin (6/5/2024) kemarin.

Adapun pra rekonstruksi yang digelar secara tertutup itu dilakukan di kamar mandi STIP Jakarta yang menjadi tempat kejadian perkara (TKP) tewasnya Putu.

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara AKBP Hady Saputra Siagian mengatakan, dilibatkannya belasan taruna itu untuk mengetahui peran mereka pada saat tewasnya Putu usai mendapat penganiayaan.

"Jadi supaya kita tahu lagi peran masing-masing orang yang ada di kamar mandi itu siapa saja," kata Hady saat dikonfirmasi, Selasa (7/5/2024).

Baca juga: Ini Rekaman CCTV Detik-detik Tubuh Putu Satria Dibopong 5 Taruna STIP Usai Insiden Penganiayaan

Namun Hady masih enggan menjelaskan adegan apa saja yang dilakukan pada saat digelarnya pra rekonstruksi kemarin oleh para taruna tersebut.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas