Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masjid Al Azhar Lakukan Pemotongan Hewan Qurban Senin Besok, Sapi Milik Gibran Ikut Dipotong

Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan melakukan pemotongan hewan qurban, pada Senin, 17 Juni 2024 besok.

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Masjid Al Azhar Lakukan Pemotongan Hewan Qurban Senin Besok, Sapi Milik Gibran Ikut Dipotong
Tribunnews.com/Ibriza
Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menggelar pelaksanaan salat Idul Adha 1445 H pada hari ini, Minggu (16/6/2024). (Ibriza) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan melakukan pemotongan hewan qurban, pada Senin, 17 Juni 2024 besok.

Namun, untuk salat Iduladha 1445 H, Masjid Agung Al-Azhar menggelar pada Minggu (16/6/2024) hari ini.

Kepala Kantor Masjid Agung Al-Azhar Tatang Komara mengatakan, hewan qurban yang terkumpul berasal dari para jemaah masjid.

"Pemotongan hewan qurban kami bersepakat hari kedua. Artinya, pada hari Senin, 17 Juni 2024 yang lokasinya ada di belakang (masjid) atau lapangan," ucap Tatang, kepada wartawan di halaman Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta, Minggu pagi.

Tatang menjelaskan, hingga saat ini, Masjid Agung Al-Azhar telah menampung sapi sebanyak 13 ekor dan kambing 25 ekor.

Selain itu, Tatang mengungkapkan, pada Iduladha 2024 atau 1445 H ini, Masjid Agung Al-Azhar menerima titipan satu ekor sapi dari Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabumingraka.

"Tahun ini, Pak Gibran selaku Wali Kota Solo dan Wapres Terpilih 2024-2029 sudah menitipkan satu ekor sapinya di sini," ucapnya.

Sebagian masyarakat yang memutuskan untuk menggelar salat Idul Adha 1445 H, di Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Minggu (16/6/2024). (Ibriza)
Sebagian masyarakat yang memutuskan untuk menggelar salat Idul Adha 1445 H, di Masjid Agung Al-Azhar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Minggu (16/6/2024). (Ibriza) (Tribunnews.com/Ibriza)
BERITA REKOMENDASI

Adapun sapi milik Gibran berjenis limosin dengan berat 700 kilogram. Hewan qurban milik Wali Kota Solo itu diterima pihak Masjid Agung Al-Azhar, pada Sabtu (15/6/2024) kemarin, pukul 08.00 WIB pagi.

"Kita akan bagikan insyaAllah besok, mungkin kita pembagian dagingnya sekitar pukul 15.00 WIB," kata Tatang.

Sebelumnya, Tatang Komara mengatakan, pihaknya telah bersepakat untuk menggelar pelaksanaan salat Iduladha bertepatan dengan tahapan pelaksanaan haji, yakni wukuf di Arafah yang jatuh pada kemarin, Jumat (15/6/2024).

"Kami bersepakat tentunya atas informasi yang dikeluarkan Saudi Arabia berkaitan dengan wukuf di Arafah itu jatuh pada tanggal 15 Juni 2024, tentunya keesokan harinya kan Idul Adha. Maka kami menetapkan untuk shalat Idul Adha kali ini adalah pada tanggal 16 Juni 2024, hari Ahad," kata Tatang kepada wartawan di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, Minggu (16/6/2024).

Baca juga: Wapres Maruf Amin Dijadwalkan Salat Iduladha di Masjid Istiqlal

Lebih lanjut, Tatang, mengatakan Masjid Agung Al-Azhar dapat menampung jemaah hingga 13 ribu.

Adapun letak shaf atau barisan untuk jemaah laki-laki berada di dalam masjid, sedangkan shaf jemaah perempuan di halaman masjid.

"Insya Allah tidak khawatir untuk jemaah sekalian, masjid kita dan aula serta lingkungannya bisa menampung 12 ribu-13 ribu jemaah, kita siapkan baik sarana sampai ke pengeras suara Insya allah akan terdengar," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas