Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kebakaran Rumah dan Kontrakan di Cakung Jaktim, Petugas Butuh Waktu Hampir 2 Jam untuk Memadamkan

Muchtar Zakaria mengatakan kebakaran diduga akibat korsleting dari unit rumah seorang warga

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Kebakaran Rumah dan Kontrakan di Cakung Jaktim, Petugas Butuh Waktu Hampir 2 Jam untuk Memadamkan
Istimewa
Personel Damkar Jakarta Timur saat melakukan pemadaman api pada kebakaran di permukiman Gang Bona, Penggilingan, Cakung, Kamis (17/10/2024) 

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga rumah dan 6 kontrakan di Kampung Pisangan, Gang Bona, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur terbakar, Kamis (17/10/2024) dini hari.

Akibat kebakaran di kawasan seluas sekitar 500 meter persegi mengakibatkan kerugian materil Rp1,7 miliar.

Kepala Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Muchtar Zakaria mengatakan kebakaran diduga akibat korsleting dari unit rumah seorang warga.

"Kita terima laporan pukul 01.23 WIB. Keterangan warga saat kejadian melihat api dari dapur rumah seorang warga lalu berusaha membangunkan pemilik rumah," kata Muchtar, Kamis (17/10/2024).

Baca juga: Kebakaran Tambora Renggut 5 Nyawa, Aryanti dan Anak-Anaknya Ditemukan Tewas Berpelukan

Warga sekitar sempat berupaya melakukan pemadaman mandiri menggunakan sumber air terdekat dari lokasi, nahas upaya tidak berhasil karena kobaran api kian besar.

Padatnya permukiman warga di lokasi kejadian membuat amuk si jago merah salam waktu singkat membesar, hingga terjadi perambatan dari satu bangunan ke bangunan lain.

BERITA REKOMENDASI

 "Untuk pemadaman kita kerahkan sebanyak 17 unit mobil pompa dan 80 personel ke lokasi. Kita mulai pemadaman pukul 01.35 WIB, selesai pemadaman pukul 03.16 WIB," ujarnya.

Guna mencegah kasus kebakaran akibat korsleting warga diimbau tidak menggunakan steker secara berlebihan, dan lepaskan steker ketika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

"Apabila terjadi kebakaran segera turunkan saklar pada MCB atau meteran. Padamkan api dengan alat pemadam api ringan, tidak boleh menggunakan air saat listrik belum terputus," tuturnya.

 

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul 3 Rumah dan 6 Kontrakan di Cakung Terbakar: 80 Personel Dikerahkan, Kerugian Capai Rp 1,7 Miliar
 
 


 
     
 


 
     
 

Sumber: TribunJakarta
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas