Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kepercayaan Terhadap Vaksinasi Covid-19 Meningkat, Edukasi Masyarakat Harus Terus Dilanjutkan

Data Satgas Covid-19 per Kamis (18/3) mencatat jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia 1.443.853 atau terjadi penambahan 6.570 dari hari sebelumnya

Kepercayaan Terhadap Vaksinasi Covid-19 Meningkat, Edukasi Masyarakat Harus Terus Dilanjutkan
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas dari Dinas Kesehatan Kota Bandung melakukan layanan penyuntikan Vaksin Sinovac dosis pertama kepada pelayan publik pada pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Tahap Kedua di Hotel El Royale, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (9/3/2021). Pada kegiatan ini, sebanyak 1.100 petugas pelayan publik menerima vaksinasi Covid-19 dosis pertama, yang terdiri dari berbagai unsur seperti Satpol PP, PD Kebersihan, Organda, Dishub, Diskar PB, Cagar Budaya, PDAM, pekerja pariwisata, dan dosen perguruan tinggi. Penyuntikan vaksin ini terus dilakukan untuk mengejar target vaksinasi Covid-19 tahap kedua tuntas pada Mei 2021. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM - Kepercayaan masyarakat terhadap vaksinasi Covid-19 meningkat, upaya edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat terkait manfaat vaksinasi harus terus dilanjutkan.

"Kepercayaan masyarakat yang sudah terbentuk terhadap vaksinasi Covid-19 ini harus terus dipertahankan dan ditingkatkan, sehingga kita bisa segera mencapai kekebalan kelompok yang diinginkan," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (19/3).

Dalam polling yang dilakukan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (Itagi), Februari 2021, tercatat 94% responden mempercayai vaksinasi. Angka ini meningkat jika dibandingkan dengan hasil polling September 2020 yang hanya sekitar 60% yang mempercayai proses vaksinasi Covid-19.

Lestari berharap, kepercayaan besar dari masyarakat tersebut akan mendorong kecepatan dan kelancaran proses vaksinasi yang sedang berjalan sehingga dapat mempercepat terjadinya kekebalan kelompok (herd immunity).

Rerie, sapaan akrab Lestari mengungkapkan, pencapaian itu tentu merupakan buah dari kerja keras dan kerja sama berbagai pihak selama ini dalam menyadarkan dan meyakinkan publik tentang manfaat vaksinasi Covid-19.

Rerie berharap, berbagai upaya untuk mengedukasi dan menyosialisasikan program vaksinasi Covid-19 untuk terus dilakukan secara berkelanjutan, sehingga proses vaksinasi Covid-19 secara nasional bisa berjalan dengan lancar.

Kepercayaan publik yang demikian tinggi, menurut Rerie, harus dijaga oleh pemerintah terutama dengan pernyataan yang tidak saling bertentangan di antara para pemangku kepentingan.

Meski begitu, jelas anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, segala kemajuan dan perkembangan positif yang telah dicapai jangan sampai membuat kita lengah, karena pandemi Covid-19 masih menjadi ancaman serius.

Data Satgas Covid-19 per Kamis (18/3) mencatat jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia 1.443.853 atau terjadi penambahan 6.570 dari hari sebelumnya.

Sedangkan pasien yang sembuh tercatat 1.272.958 atau bertambah 6.285 pasien sembuh dari hari sebelumnya dan yang meninggal tercatat 39.142 atau bertambah 227 orang dari hari sebelumnya.

Rerie percaya, tingginya kepercayaan masyarakat terhadap vaksin dan vaksinasi Covid-19 menunjukkan masyarakat kian matang dan dewasa, terutama dalam menyikapi berita-berita hoaks mengenai vaksin dan vaksinasi.

Ikuti kami di
Editor: Content Writer
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas