Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

12 Akademisi Dikerahkan Menilai Materi Makalah

Pansel meminta bantuan 12 akademisi dari sejumlah peguruan tinggi untuk menilai lima kriteria dari hasil makalah peserta.

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Juang Naibaho
zoom-in 12 Akademisi Dikerahkan Menilai Materi Makalah
Tribunnews.com/Herudin
Ketua Panitia Seleksi Pimpinan KPK sekaligus Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar. 
Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Abdul Qodir

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan KPK menggelar seleksi tahap pembuatan makalah kepada 144 bakal calon pimpinan KPK di Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM), Jakarta, Rabu (28/7/2010).

Dalam seleksi tahap ini, Pansel meminta bantuan 12 akademisi dari sejumlah peguruan tinggi untuk menilai lima kriteria dari hasil makalah peserta. Peserta diberi waktu empat jam untuk menyelesaikan makalahnya.

"Kami minta tolong dari kalangan akademisi untuk menilai makalah ini. Sudah ada 12 orang," ujar Ketua Pansel Pimpinan KPK sekaligus Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, sebelum seleksi pembuatan makalah.

Pengikutsertaan akademisi sebagai tim penilai ini dimaksudkan untuk menjaga objektiftas penilaian.

Lima kriteria itu memiliki bobot nilai yang berbeda yang bisa menentukan lulus tidaknya peserta. Patrialis menjelaskan lima kriteria yang dimaksud, pertama, pandangan tentang kondisi korupsi dan perkembangan korupsi di Indonesia. Kedua, hubungan korupsi dengan pembangunan. Ketiga, kerangka hukum untuk pemberantasan korupsi.

Keempat, lanjut Patrialis, kebijakan nasional soal pemberantasan korupsi dan posisi KPK sebagai lembaga khusus dalam pemberantasan korupsi. Dan kriteria kelima, yakni konsep penulisan yang menyangkut, visi dan misi, kompetensi dan komitmen serta penutup dan ruang lingkup dari penulisan.

Pansel akan mengumumkan kelulusan seleksi tahap pembuatan makalah ini pada Sabtu, 31 Juli 2010 mendatang. Bagi peserta yang lulus, diperbolehkan mengikuti tahapan seleksi wawancara dan penilaian latarbelakang pribadi atau profile assestment.(*)

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas