Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soeharto Juga Tak Hadir di Istana Setelah Tak Jadi Presiden

putri mendiang Presiden pertama, Soekarno ini lebih memilih untuk melaksanakan upacara di kantor DPP PDIP.

Penulis: Iwan Taunuzi
Editor: Prawira
zoom-in Soeharto Juga Tak Hadir di Istana Setelah Tak Jadi Presiden
TRIBUNJOGJA/HASAN SAKRI
Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Iwan Taunuzi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketidakhadiran mantan Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri dalam pelaksaan upacara HUT ke-66 RI di Istana memunculkan banyak pertanyaan. Pasalnya, putri mendiang Presiden pertama, Soekarno ini lebih memilih untuk melaksanakan upacara di kantor DPP PDIP.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal PDIP, Tjahjo Kumolo menegaskan absennya Megawati di Istana Merdeka merupakan hal yang biasa. Bahkan Presiden Soeharto setelah tak lagi menjabat, juga pernah tidak mengikuti upacara Kemerdekaan di Istana.

"Apakah pak Harto setelah selesai jadi Presiden dia harus hadir di Istana, kan juga tidak. Saya kira tidak ada aturan," terangnya sebelum pelaksanaan upacara di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (17/8/2011).

Menurutnya, tidak ada satu Undang-Undang pun yang mengatur kewajiban bagi pejabat maupun mantan pejabat harus hadir mengikuti upacara Kemenrdekaan di Istana.

"Saya kira tidak ada masalah apa-apa kok. kemarin ibu (Mega) juga hadir di Istana untuk menghadiri pemberian bintang jasa. Jadi tidak ada masalah apa-apa. Jadi jangan dipolitisir lah," paparnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas