Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PGI Sesalkan Sikap Pemerintah Menyikapi Kondisi Papua

Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) menyayangkan sikap Pemerintah RI yang menjadikan Papua semakin terpuruk pasca

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Anwar Sadat Guna
zoom-in PGI Sesalkan Sikap Pemerintah Menyikapi Kondisi Papua
Istimewa
Ratusan orang diamankan pihak kepolisian karena mengikuti Kongres Rakyat Papua yang menyetujui pembentukan negara Papua Merdeka, Rabu (19/10/2011). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Edwin Firdaus

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) menyayangkan sikap Pemerintah RI yang menjadikan Papua semakin terpuruk pasca kerusuhan kongres Papua III beberapa waktu lalu.

"Sikap pemerintah melalui Polri dan TNI yang terlalu berlebihan dalam menindak kongres Papua III, akhirnya mengakibatkan tiga warga meninggal dan puluhan lainnya luka-luka, itu sangat disayangkan. Karena walau bagaimanapun, mereka menggelar kongres tersebut merupakan hal yang resmi," ujar Sekretaris Umum PGI, Gomar Gultom saat memberi keterangan persnya di Kantor PGI, Salemba, Jakarta, Senin (7/11/2011).

Lebih lanjut, Gomar menilai bahwa rentetan Kongres Papua ini terjadi karena adanya pembiaran dari pemerintah pusat yang menjadikan rakyat Papua kecewa dengan kegagalan strategi pembangunanya di sana.

"Pelaksanaan UU No. 21 tahun 2001 tentang OTSUS Papua tidak dilaksanakan secara konsekuen oleh pemerintah. Alhasil, penduduk Papua mesih merasa tidak diperlakukan secara adil oleh pemerintah dan merasa direnggut kemerdekaannya," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, beberapa pekan terakhir eskalasi tindak kekerasan di Papua semakin meninggi.

Khususnya terkait dengan berbagai aksi masyarakat sipil yang menyatakan ketidakpuasan atas keadaan yang mereka alami, baik unjuk rasa yang dilakukan oleh Serikat Pekerja di PT Freeport, Timika maupun aksi damai Kongres Papua III di Abepura, Jayapura pada 16-19 Oktober 2011 lalu.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas