Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Keterangan Sutan Bhatoegana Akan Diminta di Persidangan

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi melimpahkan berkas penyidikan dua tersangka dalam kasus dugaan proyek pengadaan Solar Home System

Penulis: Y Gustaman
Editor: Anwar Sadat Guna
zoom-in Keterangan Sutan Bhatoegana Akan Diminta di Persidangan
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi SP memberi keterangan kepada wartawan perihal batalnya mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (10/6/2011). M Nazaruddin diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaaan dan revitalisasi sarana dan prasarana di Direktorat Jenderal Departemen Pendidikan Nasional tahun 2007. (tribunnews/herudin) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi melimpahkan berkas penyidikan dua tersangka dalam kasus dugaan proyek pengadaan Solar Home System (SHS) di Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) tahun 2009 ke jaksa penuntut umum.

Demikian disampaikan Juru Bicara KPK Johan Budi SP kepada wartawan di Kantor KPK, Jakarta, Rabu (5/9/2012).

Menurut Johan, dengan pelimpahan ini, pemeriksaan saksi politisi DPR Sutan Batoegana tidak akan lagi dilakuan penyidik.

"Mengenai pemeriksaan saudara Sutan Batoegana menurut penyidik di tingkat penyidikan tidak diperlukan lagi karena sudah P21," ujar Johan, sambil menambahkan tidak diperiksanya Sutan sebagai saksi oleh penyidik mempertimbangkan masa penahanan dua tersangka.

Jumat pekan lalu KPK sudah menjadwalkan pemanggilan Sutan untuk dimintai keterangan sebagai saksi, untuk tersangka Jacobus Purwono, namun mangkir.

Ia berdalih tak bisa datang lantaran masih berada di daerah pemilihannya di Medan, Sumatera Utara.

Nama Sutan termaktub jelas dalam surat dakwaan atas nama pejabat ESDM, Ridwan Sanjaya, yang dibacakan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. Dakwaan tersebut menyebutkan pemenang proyek SHS ini merupakan titipan dari DPR.

BERITA REKOMENDASI

"Diharapkan dalam persidangan nanti kemungkinan Pak Sutan Batoegana akan dihadirkan sebagai saksi. Jadi setelah penyerahan tahap dua, proses penyidikan dua tersangka sudah selesai. Jadi proses permintaan keterangan Pak Sutan nanti di persidangan," tegasnya.

BACA JUGA:

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas