Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Rakyat Jangan Trauma Orde Baru Soal Wajib Militer

Partai Demokrat mendukung aturan wajib militer dalam RUU Komponen Cadangan (Komcad).

Penulis: Ferdinand Waskita
zoom-in Rakyat Jangan Trauma Orde Baru Soal Wajib Militer
NET
ILUSTRASI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Demokrat mendukung aturan wajib militer dalam RUU Komponen Cadangan (Komcad).

Wakil Ketua Umum Demokrat Nurhayati Ali Assegaf mengatakan, masyarakat jangan dihantui oleh Orde Baru (Orba) dengan aturan wajib militer.

"Kita terlalu takut trauma Orde Baru. Semua yang baik bisa dilanjutkan, yang tidak baik kita buang, bukan kemudian yang baik dibuang," kata Nurhayati di Jakarta, Jumat (24/5/2013).

Nurhayati menuturkan, RUU Komcad sangat penting bagi Indonesia. Wajib militer, katanya, sangat dibutuhkan untuk meningkatkan nasionalisme, terutama di kalangan anak muda.

"Nasionalisme harus ditumbuhkan, mereka tidak pernah dididik untuk membela. Ini menimbulkan nasionalime generasi muda," ujarnya.

Dalam draf RUU Komcad pasal 6 ayat 3 disebutkan, Kompenen Cadangan disusun dalam bentuk satuan tempur, yang disesuikan dengan struktur organisasi angkatan sesuai masing-masing matra.

Sedangkan dalam pasal 8 ayat 3 tentang pengangkatan anggota Komponen Cadangan disebutkan, pegawai negeri sipil, pekerja, dan atau buruh yang telah memenuhi persyaratan, wajib menjadi anggota komponen cadangan. (*)

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas