Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

MPR Minta Hak Asasi Pengungsi Syiah Dijamin

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) meminta pemerintah memastikan pengungsi Syiah tidak kehilangan haknya.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in MPR Minta Hak Asasi Pengungsi Syiah Dijamin
Kompas.com
Sidarto Danusubroto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) meminta pemerintah memastikan pengungsi Syiah tidak kehilangan haknya.

"Mereka harus kembali tanpa ada syarat-syarat tertentu," kata Ketua MPR Sidarto Danusubroto di Gedung MPR, Jakarta, Selasa (13/8/2013).

Mengenai adanya kabar pengungsi Syiah harus bertobat, Sidarto mengaku belum mengatahuinya. Namun, Sidarto menegaskan warga negara Indonesia harus dijamin kebebasan beragama.

"Saya harapkan tidak terjadi lagi, tidak ada lagi sweeping ormas, itu adalah pidana, aparat hukum menindak tegas, pengerusakan rumah ibadah itu pidana, saya sebagai mantan penegak hukum saya minta korps yang membesarkan saya untuk bertindak tegas," ujarnya.

Sidarto juga tidak setuju bila pengungsi Syiah direlokasi dari kampung halamannya. "Saya harapkan itu tidak terjadi lagi. Di mana anak yang besar di situ, lalu di cabut dari situ itu melanggar hak asasi," ungkapnya.

Seperti diberitakan, pemerintah tengah mengupayakan rekonsiliasi di Sampang. Rektor IAIN Sunan Ampel Abd A'la ditunjuk sebagai ketua tim rekonsilasi. Akan diupayakan agar warga Syiah yang mengungsi bisa kembali ke kampung halamannya. Jika tidak bisa, maka akan direlokasi.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas