Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei LKP: Cuma Mega-Jokowi yang Kalahkan Popularitas Wiranto-Hary Tanoe

LKP melakukan survei untuk mengetahui elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Survei LKP: Cuma Mega-Jokowi yang Kalahkan Popularitas Wiranto-Hary Tanoe
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pasangan capres dan cawapres dari Partai Hanura, Wiranto dan Hary Tanoesoedibjo menghadiri acara Pembekalan Calon Legislatif DPRD Provinsi dan Kota/Kabupaten se-Jawa Barat Partai Hanura di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Rabu (21/8/2013). Dalam acara tersebut sekitar seribu orang caleg dari Partai Hanura mendapat arahan dari Wiranto dan Hary Tanoesoedibjo. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribun Jakarta, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Klimatologi Politik (LKP) melakukan survei untuk mengetahui elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. LKP memasangkan sejumlah nama untuk dilakukan survei.

"Kami memasukkan sejumlah nama yang dipasangkan untuk mengetahui elektabilitasnya," kata Usman Rachman, CEO LKP di Jakarta, Senin (2/9/2013).

Adapun nama yang dipasangkan adalah Megawati Soekarnoputri-Joko Widodo, Wiranto-Hary Tanoesudibyo, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, Aburizal Bakrie-Pramono Edhie Wibowo.

Usman menuturkan, dari hasil survei LKP pasangan Megawati-Jokowi memiliki elektabilitas paling tinggi dengan 30,7 persen. Sedangkan ditempat kedua ada nama pasangan Win-HT dengan 30,4 persen, disusul Prabowo-Hatta dengan 19,8 persen dan Aburizal Bakrie-Pramono Edhie dengan 6,9 persen.

"Popularitas Jokowi memang tidak bisa diragukan dengan hasil yang menempatkan dia (Jokowi) di posisi pertama bersama Megawati. Namun yang diperhatikan meroketnya Win-HT pascadeklarasi keduanya sebagai Capres-Cawapres," jelasnya.

Usman mengatakan, survei tersebut dilaksanakan pada 12-18 Agustus 2013 di 33 provinsi. Survei tersebut mengambil sampel sebanyak 450 responden melalui teknik multiu stage random sampling. Margin error dari survei tersebut adalah +/- 4,6 persen dan level confidence 95 persen.

BERITA TERKAIT

"Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik wawancara dengan menggunakan telepon dengan respinden dan berpedoman pada kuesioner," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas