Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Direktur Umum dan Fasilitas UI Diperiksa KPK

Donny menjalani pemeriksaan terkait penyidikan perkara korupsi pengadaan instalasi teknologi informasi di Perpustakaan Pusat UI

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Direktur Umum dan Fasilitas UI Diperiksa KPK
/DANY PERMANA
Mantan Rektor Universitas Indonesia Gumilar Rusliwa Somantri menjawab pertanyaan wartawan sebelum diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi di Jakarta, Rabu (18/9/2013). Gumilar diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan dan Instalasi IT Gedung Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Umum dan Fasilitas Universitas Indonesia Donanta Dhaneswara menyambangi kantor kantor Komisi Pemberantasan Korupsi, Rabu (18/9/2013).

Donny datang untuk menjalani pemeriksaan terkait penyidikan perkara korupsi pengadaan instalasi teknologi informasi di Perpustakaan Pusat UI dengan tersangka Tafsir Nurchamid.

Donanta yang akrab disapa Donny, datang sekitar pukul 14.17 WIB. Donanta yang mengenakan kemeja berwarna putih itu datang tanpa ditemani kerabat.

"Iya, saya diperiksa sebagai saksi," ujarnya sebelum masuk ke Markas Abraham Samad Cs.

Nama Donanta sendiri tidak ada dalam jadwal pemeriksaan KPK. Diduga, kedatangannya kali ini merupakan pemanggilan ulang dari pemeriksaan Selasa (17/9) kemarin.

Saat ditanya apa yang akan disampaikan kepada penyidik, Donanta tak mau banyak bicara. "Saya belum tahu, tergantung penyidik," jelasnya.

Bersama Donanta, KPK juga memeriksa mantan Rektor UI Gumilar Rusliwa Somantri.

BERITA REKOMENDASI

Seperti diketahui, KPK telah menetapkan Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, dan Administrasi Umum Universitas Indonesia, Tafsir Nurchamid, sebagai tersangka kasus proyek pembangunan dan instalasi teknologi informasi perpustakaan UI tahun anggaran 2010-2011.

Tafsir diketahui pernah menjabat wakil dekan di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik UI pada 2003-2007. Saat itu, dekan dijabat Gumilar R Soemantri. Tafsir saat ini menjabat dosen di Jurusan Administrasi FISIP UI, dia memperoleh gelar doktor dan master di Bidang Administrasi Pajak dari Pascasarjana UI setelah menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Ekonomi UI.

Terkait penyelidikan proyek teknologi informasi perpustakaan ini, KPK pernah meminta keterangan Demisioner Rektor UI Gumilar R Soemantri. Tafsir selaku pejabat pembuat komitmen proyek tersebut, diduga menyalahgunakan kewenangannya sehingga merugikan keuangan negara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas