Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pejabat SKK Migas Harus Beri Contoh ke Bawahan

Meskipun ada tekanan dari luar, pejabat di SKK Migas tak perlu takut dengan tekanan tersebut.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Pejabat SKK Migas Harus Beri Contoh ke Bawahan
SKK Migas Logo 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tengah mengusut dugaan suap Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas), terkait penyidikan kasus dugaan suap terhadap Rudi Rubiandini dari PT Kernell Oil Pte Ltd Indonesia.

Salah seorang pensiunan SKK Migas Abdul Muin menuturkan bahwa para petinggi SKK Migas perlu memberikan contoh baik untuk para pegawai SKK Migas, agar tidak ada lagi suap.

"Seharusnya atasan dapat memberi contoh untuk bawahan," kata Abdul Muin, kepada wartawan, Rabu (2/10/2013).

Meskipun ada tekanan dari luar, pejabat di SKK Migas tak perlu takut dengan tekanan tersebut.

"Kita tidak boleh takut tekanan di luar. Tidak perlu takut kursi dicopot," ungkapnya.
 
Sebelumnya praktisi Migas Maman Abdurrahman menilai dugaan suap yang terjadi di SKK Migas bukanlah kesalahan pada sistem.

"Sistem di SKK Migas dan industri Migas sudah sangat bagus, namun kekurangannya belum ada dewan pengawas yang dibentuk untuk menjadi barier atau valve penutup apabila ada tekanan atau intervensi dari para elite-elite politik di atas," kata Maman, Selasa 1 Oktober lalu.

Setelah membuat sistem pelindung yang kita sebut dewan pengawas untuk melindungi SKK Migas dari bancahan para elite-elite, lanjut Maman, tertentu maka harus dilakukan rekrutmen tenaga-tenaga yang sudah berpegalaman, profesional dan hebat-hebat baik dari para pekerja-pekerja di KKKS maupun tenaga-tenaga ahli orang-orang Indonesia yang ada di luar negeri.

BERITA TERKAIT

"Mereka bisa direkrut dengan sistem kontrak jadi kalau mereka tidak bagus kerjanya bisa stop kontrak kerjanya. Namun konsekwensinya untuk merekrut mereka perlu biaya besar, tapi kenapa takut kalau memang itu bisa memberikan manfaat yang lebih besar lagi untuk pendapatan negara kita," paparnya.

Dia mengatakan perlu adanya pembersihan di tubuh SKK Migas. Pertama, lanjut Maman, kita berangkat dari konteks dewan pengawas, dewan pengawas harus dibuat terdiri dari tim yang profesional dan independen. "Yang kedua adalah menaikan gaji pegawai SKK Migas tiga kali lipat," katanya.

Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas