Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Aksi Buruh Bikin Pengusaha Ubah Pabrik Jadi Gudang

Pengelola Kawasan Industri Pulogadung mengatakan khawatir jika aksi buruh terus berlanjut, justu akan merugikan buruh itu sendiri.

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Aksi Buruh Bikin Pengusaha Ubah Pabrik Jadi Gudang
Warta Kota/Adhy Kelana
Ribuan buruh melakukan aksi unjuk rasa di depan Pabrik Sanyo di Jalan Raya Bogor, Depok, Jawa Barat, Kamis (31/10/2013) Dalam aksi tersebut, para buruh menuntut kenaikan upah dan penghapusan sistem kerja outsourcing. (Warta Kota/Adhy Kelana) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Achmad Maulizal, Kepala Bagian Public Relation PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) selaku pengelola Kawasan Industri Pulogadung (KIP) mengatakan, kekhawatiran jika aksi buruh terus berlanjut, justu akan merugikan buruh itu sendiri.

Menurutnya, saat ini banyak pengusaha yang akan merubah jenis usahanya, dari semula lahan di JIEP digunakan untuk industri (memproduksi/pabrik) menjadi distribusi atau gudang logistik.

"Kalau pindah secara resmi belum ada pengusaha yang menyampaikan itu, tapi kalau mengeluhkan iya. Untuk pergi dari JIEP sepertinya tidak mungkin karena lokasi di sini sangat strategis. Jadi kemungkinan lahan di JIEP ini dijadikan aset perusahaan yang merubah fungsinya dari industri menjadi gudang logistik dan distribusi," katanya, Jumat (1/11/2013).

Dirinya menjelaskan, kecenderungan mengubah jenis usaha sudah terlihat. Contohnya, dalam satu tahun terakhir, dari tiga perusahaan distribusi yang ada di JIEP melonjak menjadi sekitar 11 atau 12 perusahaan.

Satu di antara perusahaan distribusi besar di Indonesia yang berada di JIEP menggunakan lahan yang sebelumnya digunakan pabrik garmen yang telah ditutup pada 2008 lalu.

"Pada 2011 lalu, berdasar data Jamsostek terdapat sekitar 75.000 buruh yang bekerja di kawasan ini, tapi sekarang trennya semakin menurun. Diperkirakan saat ini, di JIEP hanya ada sekitar 50.000 buruh," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Maulizal menjelaskan, untuk situasi terkini di dalam kawasan masih terbilang kondusif. Beberapa perusahaan sudah berkoordinasi dengan massa buruh untuk mengizinkan sebagian pekerja turut serta dalam aksi ini.

Diketahui, pada gelombang aksi mogok nasional kali ini, buruh menuntut kenaikan UMP DKI Jakarta sebesar Rp 3,7 juta atau 50 persen secara nasional. Selain itu, buruh menolak upah murah, menuntut penghapusan outsourcing, jalankan jaminan kesehatan bagi rakyat Indonesia secara serentak pada 2014, dan tolak Inpres No 9 tahun 2013.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas