Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahasiswa yang Karyanya Diplagiat Rektor Maranatha Anak Wakil Wali Kota Banjar

Andini Dwikenia Anjani, yang skripsi karyanya diduga dijiplak adalah anak Wakil Wali Kota Banjar, drg H Darmadji Prawira Setia MKes

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Mahasiswa yang Karyanya Diplagiat Rektor Maranatha Anak Wakil Wali Kota Banjar
net
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Rektor Universitas Kristen Maranatha Bandung, Felix Kasim, diduga melakukan plagiat. Felix disebut mengutip karya beberapa mahasiswanya. Bahkan diduga karena aksi plagiat itu, para dosen Maranatha dan jajaran lainnya diberi sanksi tidak mendapat kenaikan jabatan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti).

Dugaan plagiat tersebut dibenarkan oleh sejumlah pihak, dan beberapa mahasiswa juga sudah mengetahui hal tersebut. Polan, salah seorang sumber Tribun, yang tidak ingin disebut namanya, mengakui bahwa Felix telah melakukan plagiat.

Menurut 'orang dalam' Universitas Maranatha ini, ada beberapa karya mahasiswa yang dikutip oleh Felix, namun yang paling diketahuinya adalah skripsi karya Andini Dwikenia Anjani tahun 2008 lalu yang berjudul Studi Kasus Program Pelayanan Kesehatan Dasar Gratis di Kota Banjar. Karya skripsi sarjana kedokteran itu, oleh Felix dikutip untuk dijadikan makalah pada sebuah acara simposium di Yogyakarta, Mei 2011 lalu.

Adapun dokter Andini Dwikenia Anjani, yang skripsi karyanya diduga dijiplak, sudah lama lulus dari Universitas Kristen Maranatha (UKM) sekitar 2008 lalu. Kini ia bertugas di RSU Kota Banjar. Andini adalah anak Wakil Wali Kota Banjar, drg H Darmadji Prawira Setia MKes.

Saat dihubungi Tribun Jabar, Darmadji Prawira Setia menyebutkan bahwa kasus dugaan plagiat yang menimpa anaknya, dr Andini Dwikenia Anjani sudah diselesaikan secara internal di UKM Bandung.

"Sudah tidak ada masalah. Sudah diselesaikan kemarin di internal Universitas Maranatha," ujar Darmaji Prawirasetia ketika dihubungi Tribun, Jumat (31/1).

Menurut Darmaji, yang terjadi adalah Rektor Universitas Maranatha yang diduga menjiplak skripsi anaknya itu diduga lupa mencantumkan referensi atau daftar kepustakaan dalam tulisannya.

BERITA REKOMENDASI

"Hanya kelupaan tak memasukkannya dalam referensi. Masalah ini sudah diselesaikan di internal Maranatha," kata Darmaji.

Baca Berita Sebelumnya:

Rektor Maranatha Diduga Plagiat, Felix: Saya Perlu Detailnya

Rektor Maranatha Diduga Plagiat: Kutip Skripsi Mahasiwa Tanpa Cantumkan Pengarang

Rektor Maranatha Diduga Plagiat: Mahasiswa Tahu Tapi Tak Bisa Apa-apa

Sumber: Tribun Jabar
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas