Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemeriksaan Laboratorium Balitbang Kemenkes Pastikan ada Tidaknya MERS CoV

Ada tidaknya temuan kasus ini baru bisa diketahui saat dilakukan pemeriksaan di laboratorium Balitbangkes Kemenkes

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Pemeriksaan Laboratorium Balitbang Kemenkes Pastikan ada Tidaknya MERS CoV
Net
Wabah MERS di Arab Saudi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga kemarin, dipastikan belum ditemukan satu pun kasus MERS CoV. Ada tidaknya temuan kasus ini baru bisa diketahui saat dilakukan pemeriksaan di laboratorium Balitbangkes Kemenkes.

"Jadi sampai sekarang belum ada satu pun kasus di Indonesia  yang positif MERS CoV," kata Kepala Balitbangkes Prof Tjandra Yoga Aditama, di Jakarta Selasa (6/5/2014).

Di negara-negara WHO South East Asia Region, Indonesia satu dari tiga negara yang bisa memastikan pemeriksaan laboratorium ada tidaknya MERS CoV. S

Terkait temuan adanya kasus dugaan MERS CoV di Medan maupun di wilayah lainnya, Tjandra memastikan hasil pemeriksaan  yang bersangkutan bukan MERS CoV.

Ia menambahkan, penelitian terbaru menunjukkan onta dewasa‎ sudah punya antibodi terhadap MERS CoV. Sedangkan unta  anak-anak  punya virus yang aktif dan penelitian menunjukkan sampai 35 persen terjadi pada swab hidung onta muda.

"Infeksi onta lebih terjadi‎ pada yang masih muda. Kalau ada yang orang tertular dari unta, maka itu lebih mungkin tertular dari unta muda," kata Tjandra. (Eko Sutriyanto)

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas