Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jero Wacik Jadi Tersangka, Kementerian ESDM Minta Doa Restu

seluruh pejabat dan staf Kementerian ESDM merasa prihatin atas ditetapkannya Jero sebagai tersangka

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Jero Wacik Jadi Tersangka, Kementerian ESDM Minta Doa Restu
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Menteri ESDM, Jero Wacik, hadir dalam konferensi pers Pengendalian BBM Bersubsidi di Kementerian ESDM, Selasa (5/8/2014). Pembatasan penjualan bahan bakar solar yang akhir-akhir ini yang dilakukan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) agar kuota BBM di Indonesia cukup hingga akhir tahun. Tahun 2014 ini jatah konsumsi BBM di Indonesia yang disetujui DPR sebesar 46 juta kilo liter. Oleh karena itu pihaknya melalui melalui Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas bertugas mengatur kecukupan BBM hingga akhir tahun. Warta Kota/angga bhagya nugraha 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) meminta dukungan dan doa kepada masyarakat, setelah Menteri ESDM Jero Wacik ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Mohon doa restu agar kami bisa menghadapi (persoalan ini) dengan sebaik-baiknya," kata Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Teguh Pamudji di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu (3/9/2014).

Menurut Teguh, seluruh pejabat dan staf Kementerian ESDM merasa prihatin atas ditetapkannya Jero sebagai tersangka oleh KPK terkait dugaan melakukan pemerasan terkait kewenangannya, dalam rangka operasional jabatannya.

"Namun, kami tetap menghormati apa yang sudah disampaikan KPK, mengenai pengumuman tersangka kepada pak Jero," ucapnya.

Teguh pun memastikan, semua kegiatan Kementerian ESDM ke depannya akan terus berjalan normal dan diharapkan status tersangka menteri ESDM tidak menghap kinerja staf.

"Kegiatan ESDM tidak terhenti dengan ditetapkannya pak Jero sebagai tersangka. Kegiatan rapat dan lainnya tetap berjalan," cetusnya.

Sebelumnya, KPK menetapkan Menteri ESDM Jero Wacik sebagai tersangka. Penetapan itu dilakukan penyidik setelah melakukan gelar perkara bersama pimpinan KPK, Minggu lalu.

BERITA TERKAIT

Demikian disampaikan Wakil Ketua KPK, Zulkarnain di kantor KPK, Jakarta, Rabu (3/9/2014) siang. Penetapan sendiri baru diumumkan hari ini.

Jero Wacik disangka melakukan pemerasan terkait kewenangannya, dalam rangka operasional jabatannya.

"Pertama, pasca menjadi menteri di Kementerian ESDM, diperlukan dana untuk operasional menteri yang lebih besar. Untuk mendapatkan dana lebih besar daripada dianggarkan, dimintalah beberapa hal di orang kementerian itu, agar dana operasional itu bisa jauh lebih besar," kata Zulkarnain.

Modusnya, terang Zulkarnain, di antaranya dengan melakukan kegiatan-kegiatan rapat fiktif. "Misalnya juga pengumpulan dari dana-dana rekanan," kata Zulkarnain.

Ditambahkan Zulkarnain, Jero disangka melanggar Pasal 12 huruf e atau Pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Korupsi Juncto 421 KUHP.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas