Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Anas Urbaningrum: Wajar DPR Ajukan Hak Interpelasi Kepada Jokowi

Mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, menilai wajar apabila fraksi-fraksi oposisi di DPR berencana mengajukan hak interpelasi.

Penulis: Eri Komar Sinaga
Editor: Y Gustaman
zoom-in Anas Urbaningrum: Wajar DPR Ajukan Hak Interpelasi Kepada Jokowi
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
MOGOK MASSAL - Sejumlah supir truk angkutan barang yang berada di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya duduk-duduk santai dan tidur di dlam truk saat melakukan aksi mogok, Rabu (19/11/2014). Aksi mogok tidak beroperasi itu karena protes kenaikan BBM. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eri Komar Sinaga

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, menilai wajar apabila fraksi-fraksi oposisi di DPR berencana mengajukan hak interpelasi terkait kebijakan Presiden Jokowi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Menurut Anas,  Presiden Jokowi memang harus menjelaskan alasan kenaikan harga BBM bersubdisi kepada DPR yang nota bene wakil rakyat di parlemen. Pasalnya, kenaikan harga BBM bersubdisi di tengah turunnya harga minyak internasional.

"Tidak dilakukannya pembicaraan lebih dulu dengan DPR dan ke mana alokasi pengalihan subsidi," kata Anas melalui suratnya yang disampaikan kuasa hukumnya kepada wartawan di Jakarta, Jumat (21/11/2014).

Anas meminta Pemerintahan Jokowi-JK tak perlu alergi terhadap rencana interpelasi yang diwacanakan parlemen terhadap kebijakan kenaikan harga BBM oleh pemerintah.

"Bukan hanya interpelasi adalah hak konstitusional DPR, tetapi juga karena kebijakan itu memang harus dijelaskan kepada DPR. Malah kalau ada interpelasi dari DPR, pemerintah berkesempatan untuk memberikan keterangan dan penjelasan yang komprehensif dan tuntas," terangnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas