Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Djoko Sarwoko: Tanyakan Hakim Sarpin Tertekan Penguasa Atau Tidak

Mantan hakim agung Djoko Sarwoko enggan berspekulasi apakah hakim Sarpin Rizaldi tertekanan sehingga menerima sebagian permohonan Komjen Budi.

Penulis: Edwin Firdaus
Editor: Y Gustaman
zoom-in Djoko Sarwoko: Tanyakan Hakim Sarpin Tertekan Penguasa Atau Tidak
TRIBUN/DANY PERMANA
Hakim tunggal Sarpin Rizaldi mengetuk palu saat mengabulkan permohonan penggugat terkait penetapan status tersangka Komjen Pol Budi Gunawan oleh KPK dalam sidang pra peradilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (16/2/2015). (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Edwin Firdaus

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan hakim agung Djoko Sarwoko tak habis pikir dengan keberanian hakim Sarpin Rizaldi memutus dan menerima sebagian permohonan Komjen Budi Gunawan.

Menurutnya, putusan yang dikeluarkan hakim Sarpin tersebut sangat keliru dan sudah menyimpang dari hukum acara pidana yang ada. Ia enggan menilai kenapa Sarpin sampai berbuat demikian.

Dalam salah satu putusannya, hakim Sarpin menilai prosedur penetapan tersangka terhadap Komjen Budi yang ditempuh Komisi Pemberantasan Kuropsi (KPK) tidak sah. Ia juga mencabut status tersangka Komjen Budi.

"Ya coba tanyakan ke sarpin," kata Djoko kepada wartawan di Jakarta, Senin (16/2/2015).

Ketika disinggung apakah ada potensi intervensi dari pihak yang lebih berkuasa, Djoko menilai hanya Sarpin dan Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang tahu. "Coba tanyakan meraka ada tekanan enggak?" ujarnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas