Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Budi Waseso Tidak Mau Laporkan LHKPN, Anggota Komisi III DPR Duga Situasi Belum Kondusif

"Mungkin saja Buwas bukan mau menyerahkan tapi karena situasi dan kondisi tidak kondusif. Suatu saat akan diserahkan," ungkapnya.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Budi Waseso Tidak Mau Laporkan LHKPN, Anggota Komisi III DPR Duga Situasi Belum Kondusif
TRIBUN/DANY PERMANA
Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Nasir Djamil menilai Laporan Harta Penyelenggara Negara (LHKPN) bukanlah kewajiban sehingga tidak ada sanksi.

Hal itu terkait pernyataan Kabareskrim Komjen (Pol) Budi Waseso yang tak mau melaporkan LHKPN ke KPK.

"Tapi dari sisi kepatuhan dan tentu saja sebagai pejabat publik bisa memberikan kepercayaan kepada masyarakat. Memang enggak ada kewajiban dan enggak ada sanksi. Kalau itu hak dia, atau mungkin dia memang menyampaikan ke Mabes Polri," kata Nasir di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (29/5/2015).

Ia menyarankan agar Budi Waseso (Buwas) menyerahkan LHKPN kepada KPK. Sebab hal tersebut menyangkut pangkatnya seorang jenderal bintang tiga serta instutusi Polri. "Posisi beliau sangat strategis kalau bisa menyampaikan laporan," katanya.

Politisi PKS itu tidak mengetahui Alasan Budi Waseso belum melaporkan laporan tersebut sampai saat ini. Mungkin juga, kata Nasir, laporan tersebut khawatir disalahgunakan.

"Mungkin saja Buwas bukan mau menyerahkan tapi karena situasi dan kondisi tidak kondusif. Suatu saat akan diserahkan," ungkapnya.

Sebelumnya, Kabareskrim Komjen Budi Waseso mengaku enggan melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

BERITA TERKAIT

Mantan Kapolda Gorontalo itu menginginkan KPK sendirilah yang ‎memeriksaan laporan hasil kekayaan dari orang nomor satu di Bareskrim tersebut.

"Suruh KPK dong yang mengisi. Saya tidak mau melaporkan‎. Kalau KPK yang memeriksa LHKPN akan lebih tranparan," tegasnya, Jumat (29/5/2015) di Mabes Polri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas