Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ini Alasan Langit Indonesia Mudah Diterobos Pesawat Asing

Calon Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengakui ruang udara di Indonesia belum sepenuhnya terpantau radar.

Penulis: Ferdinand Waskita
Editor: Y Gustaman
zoom-in Ini Alasan Langit Indonesia Mudah Diterobos Pesawat Asing
Tribun Kaltim, Niko Ruru
Helikopter milik penerbangan sipil Malaysia, jenis Bell 9M-YMH, Minggu (28/6/2015) nekat mendarat tanpa izin di heliped milik TNI Angkatan Darat di Pos Kotis Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia, Desa Aji Kunjing, Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ferdinand Waskita

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengakui ruang udara di Indonesia belum sepenuhnya terpantau radar. Hal itu menyebabkan adanya pesawat negara lain dapat melalui jalur udara Indonesia.

"Jujur, ruang udara Indonesia seharusnya sudah tertutup semua, dalam artian kita bisa memantau tidak ada sudut lowong. Begiu ada (pesawat asing, red) yang masuk, teridentifikasi tanpa laporan, maka bisa diketahui. Tapi sekarang jujur semua belum termonitor dengan radar," kata Gatot usai uji kepatutan dan kelayakan di Komisi I DPR, Jakarta, Rabu (1/7/2015) malam.

Kelemahan ini membuat pesawat negara lain menerobos jalur udara Indonesia. Terakhir, helikopter Malaysia mendarat di Pos Pengamanan Perbatasan Pulau Sebatik, Kalimantan Utara. Guna mengantisipasi kejadian tersebut, Gatot menilai perlunya keterpaduan alat dengan pasukan terdepan baik di perbatasan serta kepulauan.

"Diberi warning anda melewati perbatasan. Kalau tidak seperti yang lalu dikejar," kata Gatot.

Sebuah helikopter sipil asal Malaysia berlogo GRAND 9M-YMH dilaporkan mendarat di Pos Pengamanan Perbatasan Pulau Sebatik, Kalimantan Utara, pada Minggu 28 Juni 2015. Heli tersebut mendarat sekitar pukul 08.45 Wita.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas