Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi: Kekompakkan Lembaga Negara Diperlukan untuk Wujudkan Janji Kemerdekaan

Jokowi mengajak lembaga-lembaga Negara, untuk membangun kekompakkan demi mewujudkan janji Kemerdekaan

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Jokowi: Kekompakkan Lembaga Negara Diperlukan untuk Wujudkan Janji Kemerdekaan
Tribunnews.com/Tribunnews.com/Andri Malau
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan ibu negara Iriana Jokowi saat mengunjungi Situs Tsunami Kapal PLTD Apung, di Punge Blang Cut, Banda Aceh, Kamis (16/7/2015) lalu. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak lembaga-lembaga Negara, untuk membangun kekompakkan demi mewujudkan janji Kemerdekaan, sebagaiman termaktub dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.

"Kekompakkan lembaga-lembaga negara sangat diperlukan dalam perjuangan untuk mewujudkan janji Kemerdekaan, sebagaimana termaktub dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945," ujar Jokowi, saat menyampaikan pidato kenegaraan sebagai kepala negara dalam rangka penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara di Majelis Permusyawaratan, Jakarta, Jumat (14/8/2015).

Sebagai negara berdaulat, imbuh Jokowi, harus disadari bahwa sejatinya bangsa ini sedang perang. Bukan perang fisik, seperti dilakukan para Pahlawan, pejuang Kemerdekaan, kata Jokowi.

Akan tetapi, lanjut Jokowi, perang untuk memenangi perdamaian, memenangi kesejahteraan, memenangi kehidupan rakyat yang sejahtera.

Kemenangan perang untuk memuliakan rakyat tersebut, diingatkan Jokowi, hanya bisa terwujud kalau seluruh elemen negara, khususnya lembaga-lembaga negara bersatu padu dan tidak terjebak pada ego masing-masing.

"Secara bersama-sama kita perkuat kedaulatan politik, kemandirian ekonomi dan kepribadian kita. Dengan kerja keras, optimisme, dan mengubah sikap konsumtif menjadi produktif kita akan bermartabad diantara bangsa-bangsa di dunia," katanya.

BERITA REKOMENDASI
Tags:
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas