Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

PGI Ajak Masyarakat Mendoakan Pengungsi dan Perubahan Iklim

Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), mengajak masyarakat untuk mendoakan para pemimpin dunia

Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in PGI Ajak Masyarakat Mendoakan Pengungsi dan Perubahan Iklim
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Direktur Jenderal Bimas Kristen Kementerian Agama Oditha R Hutabarat (tengah) bersama Ketua Persekutuan Gereja dan Lembaga Injil Indonesia (PGLII) Ronny Mandang (kanan) dan Kepala Biro Humas PGI Jeirry Sumampow (kiri) memberikan keterangan pers di Jakarta, Sabtu (18/7/2015). Konferensi pers tersebut menjelaskan mengenai aksi kekerasan yang dilakukan oleh Gereja Injil di Indonesia (GIdI) pada umat Islam yang sedang beribadah salat Ied di Karubaga, Tolikara, Papua pada Jumat (17/7). (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI), mengajak masyarakat untuk mendoakan para pemimpin dunia yang mengikuti sidang umum Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), agar mereka memperhatikan masalah-masalah kemanusiaan yang saat ini terjadi, dan mengambil tindakan.

Kepala Humas PGI, Jeirry Sumampow, dalam siaran pernya yang diterima TRIBUNnews.com, menyebut masalah kemanusiaan yang saat ini menjadi perhatian dunia dan tidak bisa diabaikan, salah satunya adalah gelombang pengungsi dari negara-negara berkonflik seperti Suriah menuju wilayah Eropa.

Para pengungsi terpaksa menempuh perjalanan jauh nan berbahaya, untuk menghindari konflik di tanah air mereka.

Demi harapan akan kehidupan yang lebih baik, mereka mengungsi ke wilayah Eropa, dan dalam perjalanannya tak jarang ada yang meninggal.

Selain itu mereka pun kerap mendapat perlakuan buruk dari otoritas keamanan sejumlah negara, yang melarang mereka untuk masuk.

"Masalah pengungsi adalah masalah kemanusiaan. Para pemimpin Uni Eropa harus menyambut mereka dan memperlakukan mereka sebagai manusia. Begitu juga negara-negara Arab, Jangan diam melihat tetangga yang menderita," katanya.

Selain itu PGI juga mengajak masyarakat untuk mendoakan para pemimpin dunia, agar mau memperhatikan soal perubahan iklim.

BERITA TERKAIT

Masalah akan berdampak kepada sumberdaya pendukung keberlangsungan hidup manusia. Sumber air dan sumber pangan terancam terganggu.

"Di seluruh belahan dunia, iklim sudah hampir tidak bisa diramalkan lagi. Bencana alam timbul di mana-mana. Dampak dari perubahan iklim telah dirasakan oleh negara-negara, komunitas dan ekosistem dengan ketahanan yang rendah," ujarnya.

PGI juga mengajak masyarakat untuk mendoakan pemimpin dunia, agar memperhatikan sistem ekonomi yang telah menyebabkan dominasi kelompok tertentu, dan menyebabkan negara-negara tertentu sulit berkembang.

Kemiskinan yang tercipta dari sistem tersebut, telah menyuburkan kebencian, dan memicu perlawanan.

"Sistem ekonomi yang berangkat dari etos keserakahan terbukti telah memproduksi tindakan permusuhan dengan mencari pembenaran di dalam pendasaran agama, kemiskinan mengancam perdamaian dan keamanan," ujarnya.

Dengan doa tersebut, diharapkan para pemimpin dunia mau mengambil sikap, sehingga permasalahan-permasalahan tersebut bisa selesai. Dengan demikian, akan tercipta kehidupan yang lebih baik bagi semua umat manusia.

"Kami berdoa semua bangsa-bangsa di dunia berkomitmen menjadikan dunia yang satu ini sebagai rumah bersama yang nyaman dan aman bagi umat manusia dan semua mahluk," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas