Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ridwan Kamil: Peringatan Hari Pancasila Akan Jadi Tradisi Rutin

Pancasila adalah dasar negara kebanggaan bangsa Indonesia dan merupakan rahmat Tuhan YME.

Penulis: Yulis Sulistyawan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Ridwan Kamil: Peringatan Hari Pancasila Akan Jadi Tradisi Rutin
Ist/Tribunnews.com
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. 

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Walikota Bandung Ridwan Kamil sangat mengapresiasi Keppres tentang Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dikenal sebagai hari Pidato Bung Karno 1945 dan ditetapkan menjadi hari libur nasional.

"Kami sendiri di Bandung ini sudah menetapkan bahwa peringatan Pidato Bung Karno 1945 menjadi peringatan rutin setiap tahun, momen tersebut akan menjadi tradisi rutin di Bandung. Inilah bukti kita mencintai Pancasila," katanya, usai Peringatan Pidato Bung Karno 1945 Bersama Presiden RI, di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat, Rabu ( 1/6/2016 ).

Pancasila adalah dasar negara kebanggaan bangsa Indonesia dan merupakan rahmat Tuhan YME.

Pancasila adalah unik dan sangat dihormati negara lain.

"Saya pernah di negara luar berdiskusi dengan salah seorang pejabat suatu negara. Dia melakukan perbandingan antara Indonesia dengan kawasan Timur Tengah yang sama besar dengan penduduk yang besar pula. Tapi, kawasan tersebut beberapa hancur karena konflik bersenjata. Indonesia dengan segala perbedaannya bisa menyatu dan bertahan hingga kini. Rahasianya adalah Pancasila," ujarnya.

Menurut pandangan bangsa lain, lanjut Ridwan Kamil, Pancasila sangat luar biasa. Dia mampu merekatkan perbedaan yang sedemikian besar di Indonesia, itu sangat luar biasa bagi bangsa luar. Bangsa Indonesia harus bangga itu.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas