Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Selan Sanksi Etik, Enam Polisi Penjual Kunci Jawaban Terancam Pidana

Mabes Polri angkat bicara soal adanya kecurangan dalam proses penerimaan calon siswa Brigadir Polri angkatan 2016 yang diselenggarakan Polda Sumatera

Selan Sanksi Etik, Enam Polisi Penjual Kunci Jawaban Terancam Pidana
Tribun Medan/Array A Argus
Sejumlah anggota polisi terlibat jual beli kunci jawaban ujian masuk calon Bintara Polri diamankan bidang pengawasan lalu dibawa ke Polda Sumatera Utara, Minggu (12/6/2016). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Mabes Polri angkat bicara soal adanya kecurangan dalam proses penerimaan calon siswa Brigadir Polri angkatan 2016 yang diselenggarakan Polda Sumatera Utara.

‎Ada enam anggota polisi yang turut menjadi panitia penerimaan Brigadir Polri angkatan 2016 diamankan karena menjual kunci jawaban kepada calon siswa di Gedung Serba Guna, Jalan Pancing, Minggu (12/6/2016).‎

Kadiv Propam Polri, Irjen Pol Mochamad Iriawan mengaku sudah memerintahkan Kapolda Sumatera Utara dan Propam ‎Polda Sumatera Utara untuk memberikan sanksi maksimal terhadap enam anggota Polri tersebut.

Bahkan tidak menutup kemungkinan selain dikenakan sanksi kode etik, keenam anggota itu juga akan diproses secara pidana.

"Sementara yang pasti kode etik dilakukan lebih dulu, sambil mendalami itu (pidana). Tentu ancaman sanksinya maksimal‎ akan diberikan," kata Jenderal bintang dua itu saat dihubungi Tribunnews.com, Senin (13/6/2016).

Mantan Kapolda Jawa Barat ini sangat menyayangkan sikap keenam anggota Polri tersebut.

‎Untuk diketahui, kasus ini bermula saat calon siswa wanita polisi bernama Ina, duduk di sektor 11, memfoto soal jawaban mata pelajaran Pengetahuan Umum Brigadir Polri TA 2016 yang tengah diujikan.

Setelah memfoto soal ujian itu, calon siswa wanita polisi tadi mengirimkan gambarnya via layanan aplikasi line kepada Bripda Surya Lubis.

"Setelah menerima foto soal ujian Bripda Surya Lubis yang juga panitia mengirimkannya ke Iptu Doni Simanjuntak. Lalu, Iptu Doni yang bertugas di SPN Sampali menjawab soal dimaksud dan membagikannya kepada panitia lain untuk diteruskan kepada sejumlah casis," ujar sumber polisi kepada Tribun Medan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas