Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kado HUT Kemerdekaan RI, Pertamina Kini Jual BBM Harga Murah di Pegunungan Papua

PT Pertamina menghadirkan agen penyalur minyak dan solar (APMS) di Kabupaten Puncak dan Pegunungan Arfak dengan harga sama dengan daerah lain

Penulis: Adiatmaputra Fajar Pratama
Editor: Yulis Sulistyawan
zoom-in Kado HUT Kemerdekaan RI, Pertamina Kini Jual BBM Harga Murah di Pegunungan Papua
ISTIMEWA

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adhiatmaputra Fajar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menghadirkan agen penyalur minyak dan solar (APMS) di Kabupaten Puncak dan Pegunungan Arfak, dua kawasan pegunungan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Tujuannya agar masyarakat dapat menikmati harga yang sama dengan daerah lain.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan, sebelum kehadiran APMS di Kabupaten Puncak dan Pegunungan Arfak, masyarakat harus membeli BBM dengan harga mahal.

Dengan adanya APMS, warga Puncak dan Arfak kini dapat menikmati BBM dengan harga yang sama seperti daerah lain.

"Ini merupakan hadiah kemerdekaan untuk masyarakat di Kabupaten Puncak dan Pegunungan Arfak," ujar Wianda di Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Wianda mengatakan untuk mengantarkan BBM dari TBBM Timika ke wilayah Puncak, Pertamina menggunakan moda transportasi udara melalui Bandara Moses Kilangin, Kabupaten Mimika.
Pertamina menyewa pesawat Twin Otter yang dikelola oleh Pelita Air Services sejak 14 Agustus dan telah diresmikan oleh Bupati Puncak Willem Wandik tepat pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-71.

BERITA TERKAIT

Adapun, untuk mengantar BBM ke Kabupaten Pegunungan Arfak yang berjarak sekitar 90 kilometer dari Kabupaten Manokwari ditempuh dengan moda darat sekitar 4 jam karena medan yang sulit.
BBM untuk Arfak bersumber dari TBBM Manokwari dan mulai diantar pada 16 Agustus serta diresmikan oleh Bupati Pegunungan Arfak Yosias Saroy.

"Upaya ini sesuai dengan arahan Presiden yang menginginkan 'one price policy' di seluruh Indonesia. Untuk tahap awal, kami kirim 1.000 liter Premium dan 1.000 Solar per har masing-masing untuk Puncak dan Pegunungan Arfak," kata dia.

Setelah sukses untuk kedua wilayah tersebut, lanjutnya, Pertamina juga akan mengirimkan BBM langsung ke Membramo dan Ndunga.

"Dengan harga BBM yang lebih terjangkau melalui APMS, diharapkan dapat memacu perekonomian di wilayah-wilayah pelosok Papua dan Papua Barat," kata Wianda.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas