Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Menko PMK Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Foto Gerakan Nasional Revolusi Mental

Menko PMK menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada panitia lomba yang telah memfasilitasi aspirasi masyarakat melalui lomba foto.

Menko PMK Serahkan Hadiah Pemenang Lomba Foto Gerakan Nasional Revolusi Mental
Ist/Tribunnews.com
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani melihat lomba foto Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) di Kantor Kemenko PMK Jakarta, Rabu (7/9/2016). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  -  Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba foto Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). Kegiatan ini merupakan bagian dari kampanye menumbuhkan kepedulian masyarakat atas GNRM.

Dalam sambutannya Menko PMK Puan Maharani menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada panitia lomba yang telah memfasilitasi aspirasi masyarakat melalui lomba foto.

“Penghargaan setinggi-tingginya juga ditujukan kepada seluruh peserta lomba khususnya kepada para pemenang dan nominator, karena telah menyemarakkan dan secara nyata menunjukkan bentuk-bentuk GNRM melalui karya foto,” ujar Menko PMK Puan Maharani di Kantor Kemenko PMK Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Puan mengatakan dirinya sangat mengapresiasi seluruh karya foto yang menjadi juara dan nominasi. Foto-foto menunjukkan bahwa masyarakat mulai peduli akan GNRM sekaligus foto tersebut dapat menjadi materi sosialisasi efektif untuk menunjukkan kepada masyarakat contoh-contoh sederhana GNRM seperti gotong royong, disiplin, etos kerja dan integritas.

"Saya berharap acara-acara kegiatan Revolusi Mental tak hanya sekedar seremonial belaka, namun juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif serta bergotong royong dalam GNRM,” ucap Puan.

Acara dihadiri oleh Pokja Revolusi Mental, para pemenang lomba (kecuali juara I yang pada saat bersamaan sedang dalam tugas ke luar kota), seluruh pejabat eselon I Kemenko PMK, Staf Khusus Menko PMK, perwakilan Kementerian/Lembaga, dan tamu undangan lainnya.

Arif Budimanta selaku Ketua Kelompok Kerja (Pokja) GNRM dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan lomba foto ini merupakan salah satu cara menyosialisasikan bentuk-bentuk GNRM kepada masyarakat melalui sebuah foto.

“Kegiatan ini dilakukan untuk menyemarakan gerakan nasional revolusi mental, agar seluruh lini bersama-sama dalam melaksanakan revolusi mental,” kata Arif.

Adapun periode lomba yang dimulai pada 4 hingga 31 Mei 2016 ini berhasil mengumpulkan sebanyak 1.980 karya foto dari 541 peserta dari seluruh Indonesia. Selanjutnya, berdasarkan keputusan ke 3 (tiga) dewan juri, 2 dari perwakilan fotograper senior dan seorang dari perwakilan Kemenko PMK, memutuskan dari 1.980 foto yang masuk, kemudian disaring menjadi 25 foto dan dipilih tiga foto terbaik sebagai Juara I, II, dan III.

Pemenang lomba juara I adalah Dhoni Setiawan (Jakarta) dengan judul “menghadang yang tidak tertib”, Juara II adalah Oki Santosa (Bandung) dengan judul “Disiplin”, dan Juara III adalah Ujang Hidayat (Bandung) dengan judul “Saling Bantu”. Penyerahan hadiah kepada para juara lomba foto GNRM dilakukan secara langsung oleh Menko PMK Puan Maharani.

Menko PMK menyempatkan untuk berdialog dengan ke tiga pemenang lomba dan menanyakan bagaimana proses pengambilan foto-foto tersebut. Selanjutnya acara diakhiri dengan peninjauan pameran foto oleh Menko PMK yang telah terpajang di dalam ruangan.

Penulis: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas