Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Ingin Ambang Batas Parlemen Tetap 3,5 Persen

Diketahui, saat ini ambang batas parlemen diatur di angka 3,5 persen perolehan suara di pemilu.

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pemerintah Ingin Ambang Batas Parlemen Tetap 3,5 Persen
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo memberikan keterangan mengenai pulau yang belum mempunyai nama di Kementerian Pertahanan RI, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (12/1/2017). Mantan Anggota DPR RI Fraksi PDIP itu menegaskan harus dinamakan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik. TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah tetap meyakini parliamentary treshold (PT) atau ambang batas suara partai politik hasil pemilu, tetap diperlukan untuk menentukan sebuah partai politik memiliki kursi di DPR.

Diketahui, saat ini ambang batas parlemen diatur di angka 3,5 persen perolehan suara di pemilu.

"Jadi pilihan rakyat yang menentukan partai A dapat kursi atau tidak. Partai B dapat berapa kursi di DPR. Jadi kami tetap bertahan, kalau bisa ada peningkatan PT dari 3,5 persen," ujarnya di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (16/1/2017)

Baca: Gerindra Usulkan Ambang Batas Parlemen Nol Persen

Meski hal itu baru pendapat yang dilontarkan oleh partai politik, namun dia menegaskan bahwa harus tetap mengutamakan kualitas demokrasi.

"Kalau memang tidak ada kata sepakat, ya tetap kembali pada undang-undang lama, 3,5 persen. Tapi nanti kan pasti ada kompromi. Kami tahu masing-masing partai ada strategi, masing-masing juga punya antisipasi ke depan. Tapi kan kualitas demokrasi harus ada," ucap Tjahjo.

Mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan ini mengaku optimistis bakal ada titik temu, karena partai-partai juga punya konstituen.

Semua partai juga menyerap aspirasi masyarakat.

BERITA TERKAIT

"Semua partai juga ingin menang dan menduduki mayoritas kursi DPR. Lah, untuk bisa menuju ke sana kan juga tentunya harus ada batasannya. Dulu tahun 1955 juga ada kok mekanismenya, pemilu pertama," tutur Tjahjo.

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) Partai Hanura, Oesman Sapta Odang (OSO), mengatakan, pembatasan fraksi di parlemen melalui PT tidak diperlukan lagi.

Partai politik (Parpol) besar diminta tidak menjadikan pasal itu sebagai alat mengunci parpol kecil.

Selain Oso, Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria sebelumnya juga menilai PT sebaiknya ditiadakan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas