Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Enam Senjata Api Rakitan Terduga Teroris Tuban Bukan dari Filipina Selatan

Selain enam pucuk pistol rakitan, petugas juga menyita barang bukti lain dari kelompok di Tuban ini.

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Enam Senjata Api Rakitan Terduga Teroris Tuban Bukan dari Filipina Selatan
Abdul Qodir/Tribunnews.com
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar (kanan) dan Kabagpenum Divisi Humas Polri Kombes Pol Martinus Sitompul (kiri) menunjukan foto senjata api rakitan kelompok terduga teroris di Tuban, dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta, Senin (10/4/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dari identifikasi sementara tim labfor, diketahui enam senjata api rakitan yang digunakan enam terduga teroris dalam baku tembak tim gabungan kepolisan di Tuban, Jawa Timur, Sabtu petang merupakan produk lokal.

"Senjata-senjata api ini patut diduga produk lokal, rakitan. Kalau yang dari Filipina Selatan itu pabrikan," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Boy Rafli Amar, di Mabes Polri, Jakarta, Senin (10/4/2017).

Boy menyangsikan keenam senpi rakitan kelompok terduga teroris tersebut berasal dari Cipacing Bandung atau dari Lampung.

Diduga kelompok tersebut memperolehnya dengan membeli di tempat penjualan senpi pasar gelap lainnya.

Harga senjata api rakitan para pelaku diperkirakan Rp5 juta per pucuk.

Selain enam pucuk pistol rakitan, petugas juga menyita barang bukti lain dari kelompok di Tuban ini.

Yakni, peta Jateng, Jatim dan Jabar; 5 sangkur, 5 trlepon genggam/ hp merk Nokia 5 buah, 3 buku gambaran umum pendidikan militer, 42 butir amunisi kaliber 9 mm, 4 butir amunisi kaliber 38 mm, sekotak peluru, 4 helm, 2 handy talkie, 1 keping CD, sejumlah jaket, masker, rompi, sarung tangan, ransel, tas jinjing, serta mobil Daihatsu Terios warna putih berplat nomor asal Semarang, H 9037 BZ.

BERITA TERKAIT

Diberitakan, enam terduga teroris tewas dalam baku tembak dengan tim kepolisian di Tuban pada Sabtu petang, 8 April 2017.

Mereka dikejar petugas karena sebelumnya menembaki dua petugas polantas Polres Tuban yang tengah berjaga di sebuah pos lantas.

Kepolisian melansir, keenam terduga teroris itu merupakan anggota Jamaah Ansharut Daulah Indonesia (JAD) yang telah berafiliasi dengan kelompok radikal internasional ISIS.

Mereka menyerang polisi atas perintah pimpinan JAD Nusantara, Zainal Anshori.

Zainal Anshori sendiri telah ditangkap oleh Densus 88 Antiteror Polri di Lamongan, Jatim, pada sehari sebelumnya, atau Jumat, 7 April 2017.

Dalam catatan polisi, Zainal Anshori bersama Zaenal Hasan dan Nurul Hakim pernah bertransaksi mengambil lima pucuk pistol di Sangihe Talaud, Sulawesi Utara, pada Desember 2015.

Sebelumnya, senjata pabrikan tersebut dibeli Suryadi Ma'sud alias Abu Ridho dari kelompok teroris di Filipina Selatan pimpinan Hapilon Isnilon.

Pengambilan senjata api itu atas dasar perintah anak buah Aman Abdurrahman, Rois.

Zainal Anshori menyerahkan dua dari lima pistol itu ke kelompok Bom Thamrin, Afif cs.

Tiga pistol sisanya diduga masih berada di  kelompok Zainal Anshori.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas