Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penasihat Hukum Hadirkan Kakak Kandung, Bekas Mertua dan Pacar Pertama Saipul Jamil

Kehadiran Soleh sempat ditolak oleh Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi karena Soleh

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Penasihat Hukum Hadirkan Kakak Kandung, Bekas Mertua dan Pacar Pertama Saipul Jamil
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pedangdut Saipul Jamil menjalani pemeriksaan lanjutan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (24/3/2017). Saipul Jamil diperiksa sebagai tersangka terkait kasus dugaan suap keringanan hukuman di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Utara. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Penasehat hukum menghadirkan lima saksi meringankan untuk terdakwa pedangduta Saipul Jamil di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Rabu (5/7/2017). Para saksi tersebut adalah kakak kandung Saipul yakni Soleh (48 tahun).

Kehadiran Soleh sempat ditolak oleh Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi karena Soleh dianggap selalu hadir di persidangan.

"Hadir dalam ruangan sidang terus. Setiap kali sidang yang bersangkutan selalu ada dalam ruang sidang ini. Jadi kami menolak," kata salah seorang Jaksa KPK

Menanggapi penolakan tersebut, penasehat hukum Saipuk, Tito mengatakan pihaknya tidak akan menanyai Soleh mengenai materi perkara. Ketua Majelis Hakim Baslin Sinaga menyetujui usul tersebut dan memutuskan Soleh tidak akan diambil sumpahnya.

Saksi kedua adalah Citra Yunita Sari. Perkenalan diri Citra sempat membuat heboh persidangan karena Citra mengaku sebagai pacar pertama Saipul Jamil.

"Dulu saya pacar pertamanya," kata Citra saat ditanya hakim mengenai hubungan keluarga dengan Saipul Jamil.

Mendengar cuitan dari pengunjung sidang, Hakim Baslin mengatakan itu hanya sebagai keterbukaan meski sebenarnaya jawaban dari pertanyaan itu adalah apakah saudara kandung atau bukan.

BERITA REKOMENDASI

"Itu keterbukaan,. Kalau di undang-undang yang ditanyakan hubungan kelaurga, saudara kandung," kata Baslin.

Saksi ketiga seorang pengurus rumah tangga yakni Hapiah. Hapiah adalah kakak ipar Saipul Jamil. Sementara saksi keempat adalah Atie Sudiarty. Atie bekas mertua Saipul Jamil. Sementara saksi terakhir adalah Rosita seorang manajemen artis.

Saipul Jamil didakwa bersama-sama dengan Kasman alias Kasman Sangaji, Berthanatalia Ruruk Kariman dan Samsul Hidayatullah telah melakukan atau turut serta memberi atau menjanjian sesuatu yakni uang Rp 250 juta kepada Ifa Sudewi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas