Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Demokrat Yakin Pilkada Jakarta Effect Masih Akan Berpengaruh di Pilgub Jabar 2018

Menurutnya, riset itu masih terlalu dini dan menurut pengalamannya pemilih di beberapa wilayah di Jawa Barat masih mengikuti perkembangan politik.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Demokrat Yakin Pilkada Jakarta Effect Masih Akan Berpengaruh di Pilgub Jabar 2018
Tribunnews.com/Gita Irawan
Ketua Divisi Komunikasi Partai Demokrat, Imelda Sari (memegang mikrofon) saat berbicara dalam pemaparan hasil riset SMRC tentang Pilgub Jabar pada Kamis, (13/7/2017) di Jalan Cisadane 8, Cikini, Jakarta Pusat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil mendapatkan dukungan lebih besar ketimbang kandidat lain yang namanya muncul ke permukaan sebagai Calon Gubernur Jawa Barat pada 2018 berdasarkan riset Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis Kamis (13/7/2017) di Jalan Cisadane 8, Cikini, Jakarta Pusat.

Salah satu hasil riset yang disampaikan Deni Irvani selaku Direktur Riset SMRC mengungkapkan bahwa 820 warga Jabar yang jadi responden, hanya 23 persen yang tahu soal isu Ridwan Kamil diusung Partai Pendukung Ahok (di Pilgub DKI Jakarta).




Dan setengah dari 23 persen itu bersikap netral.

"Itu artinya kasus gubernur Jakarta kurang berpengaruh terhadap pemilih di Jawa Barat," Ujar Deni.

Namun di sisi lain, politisi Partai Demokrat Imelda Sari tidak sepakat dengan itu.

Menurutnya, riset itu masih terlalu dini dan menurut pengalamannya pemilih di beberapa wilayah di Jawa Barat masih mengikuti perkembangan politik.

BERITA TERKAIT

Itu terpengaruh dengan Pilkada Jakarta Effect atau dampak kasus penistaan agama Ahok terhadap pemilihan-pemilihan gubernur di Indonesia.

"Setahu saya, kawasan utara Jabar arah Priangan secara kultur masih memperhatikan politik. Jadi saya pikir imbas dari kasus yang ada di DKI (Jakarta Effect) masih akan terasa." Ujar Imelda.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas