Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tiga Mantan Petinggi PT PAL Jalani Pemeriksaan Atas Sangkaan Menerima Gratifikasi

"‎Tiga tersangka yakni MFA, AC, dan SAN diperiksa untuk kasus gratifikasi," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Tiga Mantan Petinggi PT PAL Jalani Pemeriksaan Atas Sangkaan Menerima Gratifikasi
TRIBUNNEWS/HERUDIN
General Manager Treasury PT PAL Indonesia (Persero) Arief Cahyana menjalani pemeriksaan lanjutan di gedung KPK, Jakarta, Senin (29/5/2017). Arief Cahyana diperiksa terkait kasus dugaan suap pembayaran fee agency atas penjualan dua kapal perang Strategic Sealift Vessel (SSV) antara PT PAL dan pemerintah Filipina. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

LAPORAN WARTAWAN TRIBUNNEWS.COM, THERESIA FELISIANI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga eks pejabat PT PAL Indonesia hari ini, Senin (24/7/2017) diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Mereka yakni Firmansyah Arifin (MFA) selaku Direktur Utama, Arief Cahyana (AC) selaku Kepala Divisi Perbendaharaan dan Saiful Anwar (SAN) selaku Direktur Keuangan.

Kasus gratifikasi ini berbeda dan merupakan kasus terpisah dengan sebelumnya, yakni fee agensi penjualan dua kapan perang SSV.

"‎Tiga tersangka yakni MFA, AC, dan SAN diperiksa untuk kasus gratifikasi," kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah.

Febri melanjutkan pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan perdana bagi ketiganya di kasus grativikasi.

Selain memeriksa tiga tersangka, penyidik juga mengagendakan pemeriksaan saksi yakni Adi Sutrisno, mantan GM Cabang Jawa Timur, PT Waskita Karya untuk tersangka Arief Cahyana.

BERITA TERKAIT

Saksi lainnya yang pernah diperiksa adalah Narti Laksono, Kepala Cabang Bank BRI cabang Mabes TNI Cilangkap pada Senin (17/7/2017) lalu.

Sebelumnya Rabu (12/7/2017) silam penyidik KPK melakukan pemeriksaan pada 14 saksi di Surabaya, tepatnya di kantor BPKP Jawa Timur.

Dalam pemeriksaan tersebut, penyidik menggali keterangan dan mengkonfirmasi lebih lanjut indikasi penerimaan dan pengelolaan keuangan di luar mekanisme perusahaan.

Diketahui dugaan penerimaan gratifikasi ketiga tersangka terbongkar saat penyidik melakukan penyidikan kasus suap fee agensi penjualan dua SSV dari Ashanti Sales Incorporation (AS Inc).

Penerimaan gratifikasi tersebut merupakan perbuatan yang terpisah dengan penerimaan suap yang sudah diproses sebelumnya, sehingga perlu diterbitkan sprindik baru terhadap ketiga tersangka itu.

Sebelumnya, penyidik sudah menyita uang sejumlah Rp 230 juta yang diduga sebagai gratifikasi yang diterima oleh ketiga tersangka. Penyidik terus mendalami penerimaan uang lainnya dalam perkara ini.

Atas perbuatannya ketiga tersangka disangkakan melanggar Pasal 12 B Undan-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Penetapan ketiga tersangka di atas merupakan pengembangan dari kasus penerimaan hadiah atau janji alis suap yang telah menjerat mereka tentang fee agensi dari Ashanti Sales Incorporation (AS Inc) terkait penjualan dua kapal perang Strategi Sealift Vessel (SSV) kepada pemerintah Filipina.

Di kasus suap fee agensi penjualan dua kapal perang dari Ashanti Sales Incorporation (AS Inc) kepada petinggi PT PAL Indonesia, KPK telah menetapkan 4 orang tersangka.

Yakni, Direktur Utama (Dirut) PT PAL Indonesia, M Firmansyah Arifin; Direktur Keuangan PT PAL Indonesia, Saiful Anwar; General Manager (GM) Treasury PT PAL, Arief Cahyana; dan Direktur Umum PT Pirusa Sejati, Agus Nugroho selaku perantara suap AS Inc.

Suap ini terbongkar setelah KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Jakarta dan Surabaya. Petugas mengamankan uang sejumlah US$ 25,000 sebagai suap dari AS Inc untuk para pejabat PT PAL Indonesia.

Dalam perjanjian penjualan dua kapal SSV buatan PT PAL Indonesia tersebut, AS Inc mendapatkan fee sebesar 4,75% dari kontrak penjualan senilai US$ 86,96 juta. Tapi ternyata, 4,75% itu sudah mencakup fee untuk oknum pejabat PT PAL sejumlah 1,25%.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas