Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Besok, Hadi Tjahjanto Akan Serahkan Jabatan ke KSAU Baru

Marsekal TNI. Hadi Tjahjanto, diagendakan melepas jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), kepada Marsekal TNI. Yuyu Sutisna.

Editor: Ferdinand Waskita
zoom-in Besok, Hadi Tjahjanto Akan Serahkan Jabatan ke KSAU Baru
Puspen TNI/Kolonel Inf Bedali Harefa, S.H.
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.I.P. menghadiri upacara pelantikan dan kenaikan pangkat Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., S.Sos., M.M. menjadi Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, bertempat di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (17/1/2018). (PUSPEN TNI) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA --- Marsekal TNI. Hadi Tjahjanto, diagendakan melepas jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU), kepada Marsekal TNI. Yuyu Sutisna.

Acara tersebut digelar dalam upacara serah terima jabatan (sertijab), yang akan digelar besok, Jumat (19/1/2018), di Taxy Way Echo, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Dalam undangan resmi yang diterima Tribunnews dari Mabes TNI AU, Hadi Tjahjanto yang juga menjabat Panglima TNI, akan menjadi inspektur upacara sebagai KSAU akan menyerahkan jabatannya kepada Yuyu Sutisna yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil KSAU.

Baca: OSO Dinilai Lemahkan Partai Jika Tetap Menjabat Ketum Hanura

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Hadi Tjahjanto ditunjuk menjadi Panglima TNI, pada Desember 2017 lalu, oleh Presiden RI. Joko Widodo.

Ia menggantikan Jenderal TNI. Gatot Nurmantyo, yang baru akan pensiun beberapa bulan lagi.

Sejak ia ditunjuk, ia mengemban jabatan rangkap, sekaligus sebagai KSAU.

BERITA TERKAIT

Setelah lebih dari satu bulan Hadi Tjahjanto mengemban jabatan rangkap, sebagai Panglima TNI sekaligus sebagai KSAU, Presiden RI akhirnya menunjuk Yuyu Sutisna yang merupakan alumni Akademi Militer tahun 1986, sebagai KSAU yang baru.

Baca: Dokter Sebut Trump Sehat, Tapi Kelebihan Berat Badan dan Kolesterol Tinggi

Upacara pelantikan sekaligus kenaikkan pangkatnya, di gelar di Istana, kemarin, Rabu (17/1).

Pria asli Jawa Barat itu, adalah penerang tempur TNI AU, dengan call sign 'lion.' Pesawat yang pernah ia piloti, adalah pesawat tempur F-5 Tiger, yang sudah sejak setahun lebih dipensiunkan karena umur.

Pesawat F-5, rencanannya akan digantikan oleh Sukhoi SU-35, yang kontrak pembeliannya akan ditandatangani dalam waktu dekat.

Yuyu Sutisna yang pernah menjabat sebagai Komandan Lanud Iswahyudi itu, juga sempat mengemban jabtan rangkap, sama seperti Hadi Tjahjanto.

Ia pernah menjabat Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Pangkohanudnas), sekaligus sebagai Wakil KSAU. Jabatan Pangkohanudnas baru ia lepas sekitar sebulan lalu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas