Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Jokowi: Kalau Tidak Bangkit, Kita Bisa Kalah dengan Laos dan Kamboja

Presiden Joko Widodo meminta semua pihak untuk bangkit secara bersama dalam menggenjot kinerja ekspor Indonesia.

Jokowi: Kalau Tidak Bangkit, Kita Bisa Kalah dengan Laos dan Kamboja
Surya/M Sudarsono
Presiden Joko Widodo 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, GRESIK - Presiden Joko Widodo meminta semua pihak untuk bangkit secara bersama dalam menggenjot kinerja ekspor Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat meresmikan ‎pengoperasian kawasan industri Java Integrated Industrial & Port Estate (JIIPE) dan Kapal Pendukung Tol Laut, Gresik, Jawa Timur, Jumat (9/3/2018).

Baca: Dipastikan Tidak Ada Korban Jiwa Pada Kecelakaan Truk VS Bus di Tol Cikampek

Jokowi menjelaskan, Indonesia merupakan negara besar tetapi kinerja ekspornya saat ini kalah dengan negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Tercatat data ekspor periode 2016-2017, Thailand sebesar 231 miliar dolar AS, Malaysia senilai 184 miliar dolar AS, Vietnam 160 miliar dolar AS, ‎dan Indonesia sebesar 145 miliar dolar AS.

"‎Kalau kita terus-terus kan, tidak bangkit, tidur kita, tidak bangun, bisa kalah kita dengan Laos dan Kamboja, hati-hati ini," tutur Jokowi.

Selain kinerja ekspor, kata Jokowi, nilai investasi yeang masuk ke Tanah Air saat ini masih kalah dengan Thailand dan Vietnam, bahkan dapat kalah dengan Kamboja serta Laos, jika tidak ada perbaikan diseluruh lapisan.

"Apa yang menjadi kelemahan-kelemahan kita, ini harus segera dibenahi dan diperbaiki, urusan perizinan-perizinan yang terlalu lama, akhir Maret ini semuanya saya mau obrak-abrik," ujar Jokowi.

M‎enurut Jokowi, pertumbuhan investasi sangat penting bagi Indonesia, karena mampu memperbaiki ekonomi dalam negeri dan mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat secara masif.

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas