Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Moeldoko Sebut TNI Bisa Kerahkan BAIS dan Gultor Bantu Polisi Atasi Terorisme

Bisa nanti pengerahan Badan Intelijen Strategis untuk membantu intelijen dari kepolisian.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Moeldoko Sebut TNI Bisa Kerahkan BAIS dan Gultor Bantu Polisi Atasi Terorisme
Kolase Tribunstyle
Pelaku Bom Surabaya 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menginstruksikan TNI untuk membantu Polri demi mengatasi terorisme yang menyerang beberapa wilayah di Jawa Timur.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, berdasarkan perintah Presiden itu, Polri akan dibantu satuan TNI demi mengusut tuntas pemberantasan terorisme. Menurut Moeldoko satuan TNI yang dikerahkan tergantung dari kebutuhan Polri.

"Bisa nanti pengerahan Badan Intelijen Strategis untuk membantu intelijen dari kepolisian. Bahkan secara represif bisa menggunakan satuan Gultor (Satuan 81) telah disiapkan," kata Moeldoko di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (14/5/2018).

Baca: Wiranto: Tidak Usah Takut TNI Tidak Akan Lakukan Cara Seperti Dulu

Moeldoko menerangkan, tidak akan terjadi tumpang tindih kewenangan antara Polri dan TNI. Menurutnya, TNI tetap berada di belakang Polri untuk memperkuat penanganan terorisme.

"Justru yang tetap yang di depan adalah kepolisian, TNI memberi perkuatan. Dikolaborasikan dalam menangani sebuah persoalan yang sama. Intinya di situ," ucap Moeldoko.

Bom bunuh diri terjadi di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, kemarin. Aksi teror itu, direncanakan dan dilakukan oleh satu keluarga. Bom meledak secara beruntun.

Bom pertama di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela sekira pukul 06.30. Berikutnya di Gereja Kristen Indonesia sekira pukul 07.15. Terakhir di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya 07.53.

BERITA TERKAIT

Peristiwa itu menyebabkan sebanyak 13 orang tewas dan 45 anggota jemaat gereja terluka. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas