Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BNPB Sebut Tiga Orang Terluka Dalam Gempa 5,7 SR Di Kabupaten Sarmi Papua

Mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran miring yang merupakan kominasi antara pergerakan mendatar dan naik

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
zoom-in BNPB Sebut Tiga Orang Terluka Dalam Gempa 5,7 SR Di Kabupaten Sarmi Papua
Dokumentasi BNPB
Data gempa bumi di Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak tiga orang luka berat akibat tertimpa reruntuhan rumah dalam gempa tektonik dengan kekuatan 5,7 SR yang mengguncang wilayah Kabupaten Sarmi, provinsi Papua, pada Jumat (15/6/2018) pukul 07.57 WIB.

BMKG melaporkan gempabumi dengan episenter terletak pada koordinat 1,93 LS dan 138,93 BT, atau tepatnya berlokasi di laut dekat pesisir pada jarak 67 km arah barat laut Sarmi, pada kedalaman 10 km.

Baca: BREAKING NEWS : Bima Digonjang Gempa Bumi




Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Pasifik di New Guinea Trench di sebelah utara Jayapura.

Hasil analisis BMKG, mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dipicu oleh penyesaran miring yang merupakan kominasi antara pergerakan mendatar dan naik (oblique-thrust). Gempa tidak berpotensi tsunami.

"Masyarakat di sekitar Sarmi merasakan guncangan yang kuat selama 2-3 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho kepada wartawan, Jumat (15/6/2018).

Selain itu, sebanyak 118 unit rumah rusak yaitu 86 unit rumah rusak berat dan 32 unit rumah rusak ringan.

BERITA TERKAIT

Sejauh ini, BPBD Kabupaten Sarmi mengerahkan tim reaksi cepat untuk melakukan pendataan.

Baca: Masjid Kobe yang Tetap Kokoh Berdiri Meski Pernah Kena Bom Atom Perang Dunia II dan Gempa Bumi Hebat

Kendala utama adalah jarak dan jalan menuju ke lokasi terdampak dalam keadaan rusak berat sehingga menyulitkan tim reaksi cepat untuk melakukan pendataan dan mendistribusikan bantuan.

Jarak antar distrik saling berjauhan dan aksesnya terbatas. Pendataan masih dilakukan oleh BPBD. Posko BNPB terus melakukan pemantauan dan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Sarmi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas