Tribun

Kabinet Jokowi

Jokowi Lantik Komjen Syafruddin sebagai Menpan-RB Gantikan Asman Abnur

Presiden Joko Widodo resmi melantik Komjen Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Jokowi Lantik Komjen Syafruddin sebagai Menpan-RB Gantikan Asman Abnur
Tribunnews.com/Seno Tri Sulistiyono
Presiden Joko Widodo melantik Komjen Pol Syafruddin sebagai Menteri PAN-RB di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8/2018) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ‎Presiden Joko Widodo resmi melantik Komjen Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menggantikan Asman Abnur di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15‎/8/2018).

Proses pelantikan dipimpin langsung oleh Jokowi berdasarkan Keputusan Presiden nomor 142/P Tahun 2018 tentang pemberhentian dan pengangkatan Menteri PAN-RB Kabinet Kerja dalam sisa masa jabatan tahun 2014-2019.

Baca: Pagi Ini, Komjen Syafruddin Jalani Sertijab Sebagai Menpan RB

Kemudian, Syafruddin membacakan sumpah jabatan dengan mengikuti ucapan Presiden Jokowi.‎

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada UUD NKRI tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya. Demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Syafruddin.

Setelah membacakan sumpah jabatan, Syafruddin menandatangi berita acara pelantikan  sebagai Menteri PAN-RB dan diakhiri pemberian selamat dari para pejabat negara yang hadir.

Komjen Pol Drs Syafruddin adalah anggota Polri kelahiran Makassar, 12 April 1961 (57 tahun). Ia merupakan lulusan Akpol angkatan 1985.

Karirnya di kepolisian diawali sebagai Kasubnit Patroli Kota Polda Metro Jaya pada 1985 dan pernah menjadi Kapolsek Pondok Gede Bekasi Polda Metro Jaya pada 1987.

Syafruddin juga tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Pada tahun 2004, ia pernah menjabat sebagai ajudan Wakil Presiden RI pada masa pemerintahan SBY-JK. 

Kemudian akhir 2009, dia menjabat sebagai Wakapolda Sumut, lalu Kapolda Kalsel, Kadiv Propam Polri, Kalemdikpol hingga Wakapolri di bawah kepemimpinan Jenderal Pol Tito Karnavian.

Di tengah kesibukannya di kepolisian, Syafruddin ditunjuk sebagai Ketua Kontingen atau Chief de Mission (CdM) Indonesia pada ajang Asian Games 2018 yang dihelat di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus - 2 September 2018.

Baca: JK : Krisis Turki Tak Perlu Dikhawatirkan

Sebagai Ketua Kontingen Indonesia, Syafruddin bertanggung jawab untuk memastikan seluruh pengurus besar cabang olahraga dalam melakukan pelatnas dan kesiapan seluruh atlet yang akan bertanding di Asian Games 2018.

Syafruddin juga aktif sebagai Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI).

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas