Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengamat: Imbas Hoaks Ratna Sarumpaet akan Berdampak kepada Prabowo-Sandiaga

Apalagi Prabowo juga menurut dia memberikan pembelaan dan kecaman seakan mempercaya hoaks yang diproduksi Ratna Sarumpaet.

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Pengamat: Imbas Hoaks Ratna Sarumpaet akan Berdampak kepada Prabowo-Sandiaga
Tribunnews/JEPRIMA
Ratna Sarumpaet saat menggelar konferensi pers terkait pemberitaan penganiayaan dirinya di Kampung Melayu Kecil, Jakarta Timur, Rabu (3/10/2018). Pada konferensi pers tersebut Ratna mengaku berbohong tentang penganiayaan dirinya melainkan pada 21 September 2018, dirinya menemui dokter bedah plastik di Jakarta untuk menjalani sedot lemak di pipi. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Imbas hoaks penganiayaan Ratna Sarumpaet diprediksi akan berdampak kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Hal itu disampaikan pengamat politik Universitas Jenderal, Achmad Yani, Arlan Siddha, kepada Tribunnews.com, Rabu (3/10/2018).

Apalagi Prabowo juga menurut dia memberikan pembelaan dan kecaman seakan mempercaya hoaks yang diproduksi Ratna Sarumpaet.

Baca: Prabowo Dilaporkan ke Polisi, Dianggap Terlibat dalam Hoaks Ratna Sarumpaet

"Stetmen beliau yang juga mempercayai hoaks tersebut tanpa melakukan kroscek terlebih dahulu," ujar Arlan.

Dia menilai, bisa jadi banyak masyarakat akhirnya menjadi tidak simpati terhadap Prabowo-Sandi pasca-pengakuan Ratna Sarumpaet terkait hoaks dirinya dikeroyok sejumlah orang tidak dikenal pada 21 September lalu di Bandung, Jawa Barat.

"Bisa jadi banyak masyarakat akhirnya menjadi tidak simpati. Apalagi hoaks tersebut dilihat seakan sengaja dibuat untuk menjadi komoditi politik yang seolah-olah kubu Prabowo dizolimi," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Melalui kejadian ini, dia menyarankan, Prabowo-Sandiga harus lebih berhati-hati dalam mengeluarkan pernyataan terutama yang berdampak pada publik.

"Khawatir pemilih menjadi hilang simpati," pesannya.

Diberitakan, aktivis kemanusiaan Ratna Sarumpaet menyatakan bahwa dirinya menciptakan kebohongan dengan mengaku dirinya mengalami pengianayaan sehingga wajahnya penuh dengan lebam.

Hal itu disampaikannya melalui konferensi pers di kediamannya di Jalan Kampung Melayu Kecil V Nomor 24, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (3/10/2018).

Sambil menetaskan air mata dan terisak Ratna mengakui bahwa dirinya mendatangi Rumah Sakit Bedah Bina Estetika di Menteng, Jakarta Pusat pada tanggal 21 September 2018, tanggal yang diklaim Ratna terjadi penganiayaan kepada dirinya di Bandung.

“Waktu itu saya mendatangi rumah sakit khusus bedah dan mendatangi dokter khusus bedah bernama Sidik Setya Miharja untuk melakukan operasi sedot lemak di pipi kiri saya,” jelasnya.

Ratna kemudian mendapati wajahnya mengalami lebam usai operasi itu pada tanggal 22 September 2018.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas