Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Dubes RI Khawatir Tuduhan Terhadap Rizieq Shihab Terkait Keamanan Kerajaan Saudi

Rizieq Shihab yang sempat diamankan otoritas Arab Saudi kini sudah dibebaskan dengan jaminan.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Dubes RI Khawatir Tuduhan Terhadap Rizieq Shihab Terkait Keamanan Kerajaan Saudi
KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG
Pimpinan Front Pembela Islam, Rizieq Shihab tiba di Kantor Direktorat Reserse Kriminal Umun, Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (1/2/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab yang sempat diamankan otoritas Arab Saudi kini sudah dibebaskan dengan jaminan.

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Kerajaan Arab Saudi dan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) Agus Maftuh Abegebriel berharap, dugaan terhadap Rizieq Shihab yang mengganggu keamanan Arab Saudi tidak terbukti.

Ia mengatakan, jika terbukti, lembaga superbody di bawah raja Arab Saudi yang akan langsung menangani perkara yang menyeret Rizieq Shihab.




"Saya sangat khawatir jika yang dituduhkan kepada MRS terkait keamanan Kerajaan Arab Saudi, jika ini yang dituduhkan maka lembaga yang akan menangani adalah lembaga super body Saudi yang ada di bawah Raja yang dikenal dengan Riasah Amni ad-Daulah atau Presidency of State Security," kata Dubes Maftuh saat dikonfirmasi, Rabu (7/11/2018).

Baca: 5 Fakta Habib Rizieq Shihab Diamankan di Arab Saudi, Kronologi Hingga Dilaporkan Warga Soal Bendera

Lebih lanjut, akademisi UIN Jogjakarta ini mengatakan, kasus dugaan pemasangan bendera hitam yang mengarah pada ciri- ciri gerakan ekstrimis pada dinding bagian belakang rumah Rizieq Shihab termasuk dalam hal yang dilarang keras pemerintah Arab Saudi.

"Arab Saudi sangat melarang keras segala bentuk jargon, label, atribut dan lambang apapun yang berbau terorisme seperti ISIS, AlQaedah, AlJama’ah al-Islamiyyah dan segala kegiatan yang berbau terorisme dan ekstrimisme," tutur dia.

Baca: Terkuak Luna Maya Alami Post Power Syndrome Seusai Video Asusila dengan Ariel Noah

Ia menuturkan, meski telah dikeluarkan dari tahanan, pihaknya terus membangun komunikasi dengan pihak terkait apa yang sebenarnya dituduhkan kepada Rizieq Shihab.

BERITA TERKAIT

"Saya berharap hanya masalah overstay saja atau pelanggaran imigrasi pada Rizieq Shihab," ujar Dubes Maftuh.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas