Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Soal Kasus Baiq Nuril, Eva: MA Buat Putusan Sendiri

Baiq Nuril merupakan staf honorer di SMA Mataram yang justru dipidana karena diduga telah menyebarkan rekapan percakapan telepon

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Soal Kasus Baiq Nuril, Eva: MA Buat Putusan Sendiri
Ilham Rian Pratama/Tribunnews.com
Eva Kusuma Sundari 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus PDIP Eva Kusuma Sundari mengatakan bahwa putusan Mahkamah Agung (MA) atas kasus Baiq Nuril jelas menjauhkan penanganan kasus hukum dari keadilan.

Baiq Nuril merupakan staf honorer di SMA Mataram yang justru dipidana karena diduga telah menyebarkan rekapan percakapan telepon pelecehan seksusal terhadap dirinya.

"Ibu Nuril yang merupakan korban pelecehan seksual dari mantan atasannya justru dinyatakan bersalah atas tindakan yang bukan perbuatannya," ujar Eva, Senin, (19/11/2018).

Eva menilai MA telah membuat putusan sendiri. Ia mengatakan Putusan MA harusnya hanya menelaah putusan-putusan pengadilan di bawahnya yaitu Pengadilan Negeri atau Pengadilan.

"Jadi tidak malah bikin putusan atas perkaranya sendiri yang itu jadi wewenang hakim PN dan PT," tuturnya.

Baca: Akademisi: DPR Atau PAN Harus Segera Bersikap Tegas Terhadap Kasus Taufik Kurniawan

Eva mengatakan berdasarkan putusan pengadilan Negeri Mataram, Baiq Nuril dinyatakan tidak bersalah karena tidak terbukti menyebarluaskan percakapan pelecehan seksual seperti yang dituduhkan Jaksa.

"Tambahan lagi, rekaman itu dibuat oleh Ibu Nuril setelah berulang kali mendapat telepon yang berisi pelecehan seksual dari mantan atasannya," katanya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas