Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Memanusiakan kaum Ibu, RQV Gandeng ACT Bikin CERIWID, Ceria Sambil Wirid

Didukung ACT, acara ini bertujuan menanamkan jiwa pecinta Qur’an pada ibu-ibu masa kini dalam mendidik anaknya.

Editor: Content Writer
zoom-in Memanusiakan kaum Ibu, RQV Gandeng ACT Bikin CERIWID, Ceria Sambil Wirid
ACT
Acara CERIWID (Ceria Sambil Wirid) dengan tema Ibu Hebat Pecinta Al Qur’an. 

Hari ibu yang diperingati secara nasional pada 22 Desember, diperingati juga oleh RQV (Rumah Qur’an Violet) Indonesia dengan menyelenggarakan acara CERIWID (Ceria Sambil Wirid) dengan tema Ibu Hebat Pecinta Al Qur’an.

Acara yang di dukung oleh lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) ini bertujuan untuk menanamkan jiwa pecinta Qur’an pada ibu-ibu masa kini dalam mendidik anaknya. Hadir dalam acara tersebut ibu-ibu inspiratif seperti Anaway Irianti Mansur, Meyda Sefira, dan dr. Ainil Masthura, Sp.Ak.

Penyelenggaraan kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh cabang RQV Indonesia dari Aceh sampai Sulawesi dengan peserta sekitar 500 orang.

Sampai saat ini RQV Indonesia telah tersebar di 10 propinsi di Indonesia yakni, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Lampung, Bangka Belitung, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sulawesi Barat. Dengan total 2.333 penerima manfaat dengan jangkauan 10 provinsi di Indonesia.

Terdiri dari 28 Desa, 21 Kecamatan, 13 Kabupaten/Kota dengan jumlah penerima manfaat 97 kepala keluarga, 89 relawan dan 44 rumah belajar Alquran yang tersebar dipenjuru Indonesia.

Acara yang digelar di kantor pusat RQV Indonesia, Johar Baru, Jakarta Pusat sendiri bertujuan untuk mengingat kembali peran penting seorang ibu dalam memajukan bangsa melalui keluarga.

Program tematik ini dimulai Sabtu (22/12) dari pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dengan dipandu oleh Ramita Nasution dan WD 124 Tri Wahyu Laila Sari. Sesuai dengan namanya acara ini juga di isi dengan wirid bersama Presiden RQV Indonesia Sultan Muda Azmi Fajri Usman.

BERITA TERKAIT

Ceria Sambil Wirid diawali dengan dzikir, yasinan, do’a, dan sholawatan yang dipimpin langsung oleh presiden RQV Indonesia. Acara kemudiaan dilanjutkan dengan talkshow inspiratif bersama para ibu-ibu hebat seperti Anaway Irianti Mansyur, Meyda Sefira, dan dr. Ainil Mastura Sp.Ak.

Anaway Irianti Mansyur dalam kesempatan tersebut berbagi pengalaman menjadi ibu yang hebat bagi anak-anaknya dengan tidak mengesampingkan kegiatannya untuk memberi manfaat bagi masyarakat.

Sedangkan calon ibu Meyda Sefira pemeran dalam film 'Ketika Cinta Bertasbih yang direncanakan untuk menjadi salah satu bintang tamu ceriwid, berhalangan hadir dikarenakan sakit.

Bintang tamu berikutnya dalam acara CERIWID ini, dr. Ainil Mastura Sp.Ak pun tidak mau kalah untuk berbagi pengalaman yang luar biasa. Dokter muda ini mengungkapkan bagaimana menjadi seorang istri tokoh nasional dengan segala kesibukannya menjadi dokter di 3 (tiga) rumah sakit.

“Ceriwid merupakan bentuk perayaan hari ibu dengan tema Ibu Hebat Pecinta Al Qur’an dengan tujuan untuk menanamkan jiwa cinta Qur’an pada ibu-ibu yang menjadi sekolah pertama buat anak-anaknya. Pentingnya pembentukan kepribadian yang kuat dan baik berdasarkan Qur’an pada anak dirasa perlu dewasa ini melihat zaman yang semakin memprihatinkan” tutur presiden RQV Indonesia Sultan Muda Azmi Fajri Usman.

Selain itu Vice President ACT, Rini Maryani mengungkapkan apresiasinya kepada RQV atas ide penyelenggaraan kegiatan tersebut.

"Saya berharap dengan adanya peringatan Hari Ibu seperti Ceriwid ini, Ibu Indonesia dapat kembali bersemangat menjadi Ibu Hebat Pencinta Al Qur’an sebagaimana narasumber kita yang luar biasa," ujar Rini.

Diakhir acara Ceriwid, RQV Indonesia melakukan galang donasi wakaf Al Qur’an untuk para penghafal Qur’an anak-anak di seluruh Indonesia.

“Galang donasi Qur’an wakaf ini dilakukan demi menebar manfaat keseluruh sudut negeri, khususnya oleh ibu-ibu agar generasi masa depan besar dengan mencintai Al Qur’an” tutur WD124 Fania Vivi Hikmawati selaku Executive Strategic Partnership RQV Indonesia.

Selain galang donasi, deklarasi ibu hebat pencinta Al Qur’an juga dilakukan pada acara tersebut. Deklarasi ini dilakukan untuk pribadi ibu-ibu agar lebih mencintai Al Qur’an sebagai landasan mendidik anak-anak.

Acara Ceriwid ini merupakan bentuk kerjasama RQV Indonesia dan Persatuan Orang Tua Santri (POS). Acara ini selain disponsori oleh ACT, juga disupport oleh Wardah, elzatta, Eazy, rabbani, DOA, Nasi Uduk OK, Dewira, Resti, Ceklist, L Hijab, Siha Beauty, Yukitea, dan Rumah Sehat Violet. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas