Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

‎Iriana Jokowi Pesan ke Mama Barutressy, Tenun Kapas Jangan Punah

Iriana Jokowi bercerita bahwa di Kebun Raya Bogor masih banyak pohon kapas. ‎Jika memungkinkan, kapas tersebut bisa digunakan untuk menenun.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in ‎Iriana Jokowi Pesan ke Mama Barutressy, Tenun Kapas Jangan Punah
Tribunnews.com/Theresia Felisiani
Ibu Negara Iriana Jokowi berbincang bersama dengan penenun Mama Barutressy di Kantor Diskrenada Maluku, Selasa (19/2/2019) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, MALUKU - ‎Di sela-sela kunjungannya kerjaa ke Maluku, Selasa (19/2/2019) Ibu Negara Iriana Jokowi berkenalan dengan Mama Barutressy. Siapa dia?

Mama Barutressy merupakan seorang pensiunan yang kini mengisi hari tuanya dengan menenun kain yang menjadi kebanggaan warga Maluku. Pertemuan keduanya terjadi di Kantor Deskranada Maluku.

Ini diawali dari Iriana yang tertarik dengan aktivitas Mama Barutressy. Disaat Iriana Jokowi dan rombongan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE-KK) melihat-lihat hasil kerajinan, Mama Barutressy tetap ‎asyik menenun.

Sampai pada akhirnya Iriana menyapa dan berbincang santai dengan Mama Barutressy, warga Benteng, Nusaniwe, Ambon tersebut. Pada Iriana, Mama Barutressy menjelaskan proses penenunan menggunakan alat tradisional.

Baca: Ratno Tikam Cinta Bekali-kali Dengan Obeng Hingga Tewas, Setelah Tahu Istrinya Teleponan Dengan Pria

Mama Barutressy bercerita menenun sudah dilakoni oleh dirinya sejak kecil. Dulunya, masyarakat memintal sendiri benang dari kapas lalu mewarnainya dengan pewarna alami dari daun dan akar-akar kayu.

Kini karena jaman kian modern, dan kapas sulit didapat akhirnya banyak warga menenun menggunakan benang yang sudah jadi dan pewarna buatan yang banyak dijual di toko.

BERITA TERKAIT

"Kalau dulu memang pakai kapas dipintal sendiri. Sekarang tanaman kapas sudah susah jadi kami pakai benang," kata Mama Barutressy.

Merespon itu, Iriana Jokowi bercerita bahwa di Kebun Raya Bogor masih banyak pohon kapas. ‎Jika memungkinkan, kapas tersebut bisa digunakan untuk menenun.

"Di Kebun Raya Bogor masih ada pohon kapas, mungkin bisa dipakai‎. Saya menghargai sekali hasil karya Mama. Ini harus terus dilestarikan," ungkap Iriana Jokowi.

Pada Iriana, Mama Barutressy menyambut baik jika memang akan disediakan kapas. Dia siap menenun untuk Iriana sesuai dengan keinginan Iriana.

Baca: Ini Pentingnya Perusahaan Mengendalikan Data dan Mengelola Infrastruktur TI

Mama Barutressy juga menambahkan cucunya kini sudah mahir menenun. Dia mengaku bakal menyemangati cucunya agar mau menenun melestarikan kekayaan Maluku.

Melihat proses tenun yang dilakoni oleh Mama Barutressy, Iriana tertarik dan membeli beberapa potong kain tenun karya Mama Barutressy.

Diketahui tenun asli Maluku ini terkenal sangat mahal. Ini karena proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menjadi potongan kain.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas