Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Pemilu 2019

Hingga Pagi Hari Pencoblosan, Polri Pastikan Tahapan Pemilu Berjalan Lancar

Mabes Polri memastikan situasi tahapan Pemilu 2019 berjalan dengan baik hingga hari H pencoblosan atau tanggal 17 April 2019.

Hingga Pagi Hari Pencoblosan, Polri Pastikan Tahapan Pemilu Berjalan Lancar
Dennis Destryawan/Tribunnews.com
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mabes Polri memastikan situasi tahapan Pemilu 2019 berjalan dengan baik hingga hari H pencoblosan atau tanggal 17 April 2019.

"Alhamdulillah sampai pada pagi ini, tahapan pemilu berjalan dengan baik," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (17/4/2019).

Mantan Wakapolda Jawa Timur itu mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan agar pemilu dapat berjalan secara aman dan damai.

"Kita semua berdoa agar pemilu berjalan damai, aman, menggembirakan," kata dia.

Baca: Dua Ondel-Ondel Hiasi TPS Jokowi dan Iriana

Lebih lanjut, jenderal bintang dua itu mengingatkan agar para penyelenggara dapat bekerja secara maksimal dan sesuai aturan.

Sehingga, kata dia, tidak terjadi hal-hal yang membuat masyarakat di Tanah Air kehilangan kesempatan menyuarakan hak pilihnya.

Iqbal menjelaskan ada pasal-pasal yang mengatur penyelenggara dapat dipidana jika menghalangi warga memilih.

Apabila penyelenggara dengan sengaja menyebabkan orang lain kehilangan hak pilihnya, maka ia menegaskan mereka dapat dijatuhi hukuman pidana penjara maksimal 2 tahun dan denda Rp 24 juta.

"Perlu saya ingatkan, ini peringatan bagi seluruh penyelenggara agar tidak membuat warga kehilangan hak pilihnya," kata dia.

"Artinya, sesuai dengan Pasal 46 dan Pasal 51, menyatakan bahwa masyarakat diberikan hak apabila sudah mencatat, antre. Tapi (apabila) penyelenggara menyelesaikan atau (secara) sengaja TPS ditutup oleh penyelenggara, maka kepada penyelenggara ini dapat diancam dengan pasal itu," tukasnya.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...

Berita Terkait :#Pemilu 2019

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas