Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Asia Afrika Festival Digelar Tiga Hari di Bandung Mulai Besok, Ini Sejumlah Agenda Menarik

Memperingati momentum Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-64 ini diisi konten khusus dukungan terhadap Palestina.

Asia Afrika Festival Digelar Tiga Hari di Bandung Mulai Besok, Ini Sejumlah Agenda Menarik
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Pengguna jalan melintasi Monumen Solidaritas Asia Afrika yang sudah tidak tampak lagi huruf bertuliskan Asia Afrika di dindingnya di kawasan Alun-alun, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (27/6/2019). Huruf tulisan Asia Afrika yang terbuat dari stainless steel itu sudah lama raib, begitupun prasasti yang ditandatangani Presiden Joko Widodo juga tidak ada. Tribun Jabar/Gani Kurniawan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Memperingati momentum Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-64 ini diisi konten khusus dukungan terhadap Palestina.

“Ada solidarity walk. Ini dalam rangka dukungan Kota Bandung untuk saudara-saudara kita di Palestina,” ujar Dewi Kaniasari, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Jumat (28/6/2019).

Perempuan dengan sapaan akrab Kenny ini menuturkan, acara solidaritas akan menjadi agenda pembuka untuk peringatan puncak Asia Afrika Festival (AAF) 2019..

Acara dimulai Sabtu (29/06/2019) pukul 08.00. Para tamu undangan yang terdiri dari duta besar dan delegasi dari 19 negara sahabat dan beberapa bupati dan wali kota di Indonesia bakal berjalan menuju area Palestine Walk di Jalan Alun-alun Timur.

Selain sambutan dari Wali Kota Bandung, Oded M Danial, solidaritas untuk Palestina juga akan ditandai dengan pelepasan burung merpati sebagai simbol pengharapan. Ini juga sebagai dukungan terhadap kebebasan masyarakat Palestina.

“Tahun ini temanya solidarity untuk rakyat Palestina. Kegiatan Solidarity Walk sekitar 1 jam,” ujar Kenny.

Selain acara khusus mengenai solidaritas untuk Palestina, Kenny mengatakan pada gelaran AAF 2019 ini juga akan banyak penampilan kejutan dari peserta karnaval. Saat ini sudah terdata 40 kelompok yang akan melibatkan 1.100-an orang bakal ikut memeriahkan acara karnaval kebudayaan.

“Pawai kebudayaan diikuti juga dari luar negeri. Lalu ada dari luar daerah di Indonesia. Kemudian dari regional Jawa Barat dan tentunya dari Kota Bandung. Kualitasnya mudah-mudahan lebih bagus dari tahun kemarin,” ujar Kenny..

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, solidaritas untuk Palestina sangat penting. Sebab, Bandung yang menjadi tempat gelaran KAA pada 64 tahun silam menjadi tonggak sejarah mengenai kemerdekaan penuh bangsa-bangsa di Asia dan Afrika, tanpa terkecuali untuk Palestina.

“Tentunya membuktikan bahwa Bandung sebagai pusat Asia Afrika bisa berkontribusi. Karena temanya tahun ini solidarity terhadap Palestina jadi kita ikut mendorong kemerdekaan Palestina. Dengan adanya Palestine Walk masyarakat Kota Nandung mendukung dengan simbol ini untuk saudaranya di Palestina,” kata Yana.

Menurut Yana , persiapan pelaksanaan AAF 2019 sudah mencapai 99 persen. Meski begitu dia menginstruksikan agar pemeriksaan kembali dilakukan untuk memastikan segala kebutuhan sudah tertangani dengan baik. “Persiapan Insya Allah 99 persen, 1 persen tinggal soal cuaca,” katanya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Besok Asia Afrika Festival, Mulai dari Solidarity Walk untuk Palestina hingga Karnaval Kebudayaan, https://jabar.tribunnews.com/2019/06/28/besok-asia-afrika-festival-mulai-dari-solidarity-walk-untuk-palestina-hingga-karnaval-kebudayaan.

Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jabar
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas