Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

Kabinet Jokowi

Profesional Lebih Banyak Jadi Menteri karena Gagasan Kabinet Kerja Ingin Jokowi Wujudkan

Dengan demikian bisa dibaca bahwa 5 tahun kedepan Jokowi ingin bergerak lebih cepat menuntaskan agenda yang belum selesai.

Profesional Lebih Banyak Jadi Menteri karena Gagasan Kabinet Kerja Ingin Jokowi Wujudkan
ISTIMEWA
Sebastian Salang 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pengamat politik Sebastian Salang mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memilih 55 persen Menteri dari kalangan profesional ketimbang dari Partai politik.

Dengan demikian bisa dibaca bahwa 5 tahun kedepan Jokowi ingin bergerak lebih cepat menuntaskan agenda yang belum selesai.

"Gagasan sebagai kabinet kerja ingin diwujudkan. melalui langkah lebih banyak Menteri dari kalangan profesional," ujar pendiri lembaga Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) ini kepada Tribunnews.com, Jumat (16/7/2019).

Menurut dia, selama hal itu bisa dikomunikasikan Jokowi dengan baik kepada partai koalisi, pasti tidak akan ada penolakan dan bisa mereka pahami.

"Selama hal itu bisa dikomunikasikan dengan baik kepada partai koalisi, menurut saya bisa dipahami. Partai politik tidak akan menuntut macam," jelas Sebastian Salang.

Baca: Bangga Bertemu Anak Presiden Amerika, Hotman Paris: Dia Liatin Cincin Saya

Yang penting dari porsi 45 persen alokasi untuk partai politik, dialokasikan secara proporsional berdasarkan perolehan kursi di parlemen.

Pertimbangan ini penting mengingat pemerintah perlu mendapat dukungan juga di parlemen.

Dia memberikan catatan, antara semangat Jokowi untuk membentuk kabinet yang bergerak lebih cepat dan efektif dengan upaya untuk membangun keseimbangan dengan kekuatan politik lain dari partai, adalah sangat penting.

"Jika keseimbangan politik terjaga dengan baik, maka stabilitas akan terjaga. Sebaliknya gagal menjaga keseimbangan, stabilitas politik terombang ambing," tegasnya.

Golkar: Jokowi Tahu Kebutuhan Bangsa Ini

Halaman
123
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...

Berita Terkait :#Kabinet Jokowi

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas